Torang Lumban Tobing


Kabupaten Tapanuli Utara adalah kabupaten induk dari empat

Torang Lumban Tobing

kabupaten (Dairi, Toba-Samosir, Samosir, Humbang-Hasundutan) di Sumatera Utara. Ibu kotanya berada di Tarutung. Memiliki wilayah seluas 10.605 km² dan penduduk diperkirakan lebih-kurang sekitar 750.000 jiwa. Masa pendudukan Belanda, Kabupaten Tapanuli Utara termasuk ke dalam Karesidenan Tapanuli yang berada di Sibolga.

Setelah zaman kemerdekaan 5 Oktober 1945, Tapanuli dibagi tiga bagian Tapanuli Tengah (Sibolga), Tapanuli Utara (Tarutung), Tapanuli Selatan (Padang Sidempuan) dengan masing-masing pejabat pemerintahan dipimpin bupati. Di Tapanuli Utara, bupati pertama adalah Cornelius Sihombing.

Kini, Kabupaten Tapanuli Utara dipimpin Torang Lumbantobing. Bupati yang telah menjabat dua periode ini dari (2004-2009) hingga (2009-2013). Bupati yang dinilai merakyat karena mau naik-turun gunung, menginap di rumah-rumah warga, demi merasakan apa keinginan warganya yang ada di pedalaman.

Torang lahir di Tapanuli Utara, 15 Agustus 1958. Menikah dengan Elly Marsaulina Manalu. Pasangan ini dianugerahkan Tuhan empat anak yaitu: Eduward Lumbantobing, Chrismanto Lumbantobing, Christin Lumbantobing, dan sibungsu Vanana Lumbantobing.

Memulai pendidikannya Sekolah Dasar di SD Bersubsidi HKI Tarutung. Lulus dari SD tahun 1973, melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama di SMP Negeri 2 Tarutung. Lulus SMP tahun 1976, melanjutkan ke Sekolah Teknologi Mengah di STM Negeri Pansurnapitu, lulus tahun 1980.

Memulai kariernya dari bawa sebagai PNS di Kelurahan Hutatoruan VI- Tarutung. Lalu, sejak tahun1983-1984 berlahan memulai debutnya di organisasi dengan menjadi Bendahara Angkatan Muda Pembaharu Indonesia Tapanuli Utara. Dilanjutkan menjadi Ketua Ikatan Pemuda Karya Kabupaten Tapanuli Utara, sejak 1985-1992. Dari sinilah pertemanannya bersemi dengan Olo Panggabean, pendiri dari Ikatan Pemuda Karya, itu. Menjadi salah satu kepercayaan Olo memberikan kesempatan baginya menjadi Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah IPK Sumatera Utara, sejak tahun1992 hingga sekarang.

Tahun 1999-2004, Torang berhasil masuk menjadi DPRD II dari Partai Golkar sekaligus menjadi Ketua DPRD Tapanuli Utara 1999-2004. Dari situ kariernya meloncat naik menjadi Wakil Ketua DPD Partai Golkar Tapanuli Utara,1999-2004. Dan kini, sebagai Ketua DPD Partai Golkar Tapanuli Utara. ***Hotman J. Lumban Gaol

Biodata
Torang Lumban Tobing
Tapanuli Utara, 15 Agustus 1958
Kristen Protestan

Kantor:
Jln. Jend. Suprapto No.1 Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara
Telp (0633) 21220 Fax (0633) 21440

Rumah:
Jln. Letjen S.Parman No.1 Tarutung
Telp:(0633) 21011

bupati@taputkab.go.id,
toluto@taputkab.go.id,
toluto58@yahoo.co.id,

Data Keluaga:

Nama Istri : ELLY MARSAULINA MANALU
Nama Putera/Puteri
1. Eduward Lumbantobing
2. Chrismanto Lumbantobing
3. Christin Lumbantobing
4. Vanana Lumbantobing

Pendidikan
SD Bersubsidi HKI Tarutung tahun 1973
SMP Neg. 2 Tarutung tahun 1976
STM Negeri Pansurnapitu tahun 1980

Riwayat Pekerjaan

1. PNS Kelurahan Hutatoruan VI- Tarutung
2. Bendahara AMPI Tapanuli Utara, 1983-1984
3. Ketua IPK Tapanuli Utara, 1985-1992
4. Wakil Ketua DPD IPK Sumatera Utara, 1992-Sekarang
5. Ketua DPRD Tapanuli Utara 1999-2004
6. Wakil Ketua DPD Partai Golkar Tapanuli Utara,1999-2004
7. Ketua DPD Partai Golkar Tapanuli Utara, 2004-sekarang
8. Bupati Tapanuli Utara, 2004-2009

Penghargaan

1. Lencana Panca Warsa III, Thn 2003, dari Kwartir Pramuka
2. Manggala Karya Kencana, Thn 2005, dari Kepala BKKBN

About these ads

Tentang Hotmanjlumbangaol

Hotman J. Lumban Gaol, STh (Hojot Marluga) adalah seorang jurnalis. Saat ini Redaktur Pelaksana di tabloid REFORMATA. Telah terlibat menulis delapan (8) buku: Judul: (1) "Sitor Situmorang: Mitos Dari Lembah Kekal" (2) Sang Apostel Batak, Dari Munson-Lyman Hingga Nommensen (3) Menyebarkan Virus Etos. (4) PAMIMPIN Nama Pemberian Tuhan (Biografi Edwin Pamimpin Situmorang, S.H, M.H, Jaksa Agung Muda Intelijen 2010-2012). Selain itu, dia juga penyumbang beberapa tulisan di buku diantaranya: buku (5) Ir Leo Nababan "Mahasiswa Pejuang, Pejuang Mahasiswa", buku (6) Si Murai dan Orang Gila. Editor buku (7) Sian Tano Parserahan Tu Bagas Parsadaan. (8) Editor buku "Karyaku Dicatat Sorga: Biografi Pdt Ev Renatus Siburian." Dan, beberapa buku akan terbit dalam waktu dekat. Mendirikan situs ini sejak Tahun 2008. Sebelumnya dimulai dari mengkliping profil-profil Tokoh Batak. Membangun situs Ensiklopedia Tokoh Batak ini juga karena kecintaan belajar dari para orang sukses, mengapresiasi orang-orang Batak yang berprestasi. Selain itu, dia juga menulis cerpen. Salah satu cerpennya telah dibukukan Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) sebagai kumpulan cerpen komunitas berjudul Sigumoang. Selain bergelut di dunia tulis-menulis dia juga berkecimpung dalam pelatihan-pelatihan motivasi. Dia kini bergelut di dunia penulisan biografi, siap dikontak. Pendiri CV Halibutongan Publishing, penerbit buku ini, bisa dihubungi di HP: 081316518619 & 085710186058 atau E_mail: astephen.hojotmarluga@gmail.com. E_mail: hojotmarluga78@gmail.com. Facebook: Hojot Marluga. Twitter: HojotMarluga2.
Galeri | Tulisan ini dipublikasikan di Pejabat. Tandai permalink.

11 Balasan ke Torang Lumban Tobing

  1. ebyn berkata:

    horas buat bapak bupati taput
    tuhan besertamu sehat selalu…
    sukses dalam melaksakan tugas…
    maju trus bapak bupati pantang mundur…

  2. Arios berkata:

    Saya kebetulan Putra Tapanuli Utara dan berdomisidi di Jkt, Pak. L.T tolonglah daerah-daerah tertinggal diperhatikan khususnya kec.parmonangan. kalau dibandingkankan dengan di Jawa yg penghasilnya daerahnya tidak ada tetapi sarana jalan dll pasti bagus ada perimbangan antara kota dengan daerah, ciptakan lapangan kerja sehingga org2 kita tidak berlonba2 datang ke-ibu kota hanya menjadi beban dan kasihan mereka-mereka itu. Gaet Investor2 untuk mengelola dan menambah modal di-daerah tingkatkan parawisata dan kebersihan kota sehingga orang bisa tertarik. trims

  3. Tigor sinaga berkata:

    Horas di bapak bupati.
    Hira-hira molo so sala sakalas hian do hita di SMP negeri 2. ditikki Bapak JHJ Sihombing direktur.
    Horasma. Semoga sukses Lae.

  4. jhonson berkata:

    how about TOGEL ? Koq ndak ditulis?

  5. atas nama rakyat tarutung berkata:

    Udah dua periode menjabat,,,,,,,,,tapi gk ada kemajuan!!!!

    Rumah pribadi dan mobil pribadi aja yang diperbanyak.

  6. saya orang taput,,
    kalo pulkam, sy melihat kondisi disana sangat miris rasanya..
    Tidak ada kemajuan, mulai dari sarana jalan, pendidikan, pertanian. Pada hal tanahnya masih cukup luas untuk jadi lahan pertanian ataupun peternakan tapi masyarakatnya tidak diberdayakan. Akibatnya masyarakatnya pun kebanyakan miskin dan sedikit yang bisa mengecap pendidikan tinggi. Saya hanya berpengharapan saja semoga nanti Taput bisa dipimpin oleh orang-orang yang berintegritas, idealis dan mencintai rakyatnya. amien

  7. steven mc tobe berkata:

    masa ya……………..ndak sempetlah bangun taput………………karena tambah sana sini……………..untuk menutup biaya tidak terhingga sana sono……………karena sebab musabab….selesai masa periode…… disebut negarawan tidak………..pengusaha…????? tapi berkesinambungan kesumat boleh juga….yolah….berapa biaya menjadi kepala sekolah….sehingga banyak yang lowong dan lainnya…

  8. alex berkata:

    bupati anying

  9. akoe berkata:

    Tapanuli Utara sebaiknya ke depan ini dipimpin oleh Bupati yang punya integritas, takut akan Tuhan, tidak ambisius personal, berbakat jadi Pemimpin, punya visi dan misi yang membawa perubahan berarti bagi Taput yang dari dulu begitu begitu aja. Semoga> kalau ada Pengambil Keputusan seperti itu, yuuuk , yang berkwalitas pulang kampung mendukung kinerja Bupati yang cerdas dan rendah hati> thank You deh<

  10. natha barat berkata:

    profil beliau tdk ada yg bergandengkan title yh….
    pantes dulu sewaktu saya dapat beasiswa beliau yg menyampaikan tapi saat memberi kata sambutan kok yah membaca aja lelet kayak jaringan ponsel aja yh pulsa minim yh lelet deh jdnya…..:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s