Gus Irawan Pasaribu


Data Pribadi
N a m a : Gus Irawan Pasaribu
Lahir : Padang Sidimpuan, 31 Juli 1964
Putra ke-6 : Alm H Hasan Pinayungan Pasaribu dan Almh Hj Alimah Pakpahan
Isteri : Asrida Murni Siregar.
Anak : Okty Divita Irawan Pasaribu, Putra Ahmad Syarif Irawan
Pasaribu, Fauzan Faris Irawan Pasaribu
Pendidikan Formal:
– Magister Manajemen Pascasarjana USU tahun 2009
– Fak Ekonomi/Akuntansi Universitas Syah Kuala tahun 1988
Jabatan : Direktur Utama PT Bank Sumut (2000-sekarang)
Ketua Umum KONI Sumut (2007-2011)
Penghargaan Olahraga:
1. Piala Sang Graha Krida atas kepedulian terhadap pembinaan olahraga
Sumatera Utara dari Presiden RI Megawati Soekarno Putri, tahun 2003.
2. Tokoh olahraga yang berhasil memunculkan atlet berprestasi dari Pemprovsu
tahun 2007.
3. Tokoh Olahraga Sumatera Utara tahun 2010 dari Gubernur Sumut.
Tokoh Penggerak Pembangunan Investasi Daerah.Gus Irawan Pasaribu bersaudara : tertua Bomer Pasaribu (Dubes Denmark & Lithuania), H Panusunan Pasaribu (Majelis Wali Amanat USU, Ketua Yayasan PRSU, mantan Bupati Tapteng), H Ibrahim Pasaribu (Baker Indonesia), H Syahrul M Pasaribu (Bupati Tapsel), Hj Lisliwati Pasaribu (Guru, PNS di Padang Sidempuan), H Gus Irawan Pasaribu (Dirut Bank Sumut) dan Jon Sujani Pasaribu (Pemimpin Divisi BNI Syariah).

TERLALU banyak nilai plus dan talenta yang dimiliki pria kelahiran Padang Sidempuan 31 Juli 1964 ini. Dia jagoan beberapa cabang olahraga, ahli manajemen, bankir visioner, suara pun merdu bak biduan saat bersenandungMulti talenta itulah yang dipadukan Gus Irawan Pasaribu dalam menahkodai biduk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut periode 2007-2011. Sejak terpilih sebagai Ketua Umum tiga tahun silam, suami dari Asrida Murni Siregar ini menjadikan KONI Sumut sebagai organisasi besar yang tertib administrasi, transparan, memasyarakat, dan super aktif menggerakkan pembangunan olahraga.Hanya beberapa bulan kepemimpinannya, Direktur Utama PT Bank Sumut itu berhasil membawa Sumatera Utara meraih Juara Umum untuk kali pertama dalam ajang Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) se – Sumatera 2007 yang diadakan empat tahun sekali.

Sukses itu diraih bukan hanya karena kepiawaian manajerial semata, namun juga karena kecintaannya terhadap dunia olah-raga. Ayah dari satu putri dan dua putra ini merupakan atlet eksekutif cabang olahraga golf, futsal, sepakbola, tenis, jetski, boling, dan banyak lainnya.

Bankir berumur 46 tahun ini secara individu juga sudah akrab dengan berbagai prestasi olahraga, begitu pula tarik suara. Alumni SMA 1 Medan, S1 Fakultas Ekonomi Universitas Syah Kuala dan Pasca Sarjana USU itu antara lain Juara I Bankers Idol pada Porseni Perbankan Sumut 2007, juara berbagai turnamen golf, dan runner-up Marathon 1200 CC Open pada Kejuaraan Nasional Jetski di Danau Toba 2004.

Gus Irawan juga sudah menerima banyak penghargaan, di antaranya Piala Sang Graha Krida atas kepedulian terhadap pembinaan olahraga Sumut dari Presiden RI Megawati Soekarno Putri (2003), Tokoh Olahraga yang memunculkan atlet berprestasi dari Pemprovsu (2007) dan Tokoh Peduli Pendidikan dari PGRI Sumut (2007).

Di tangannya, KONI Sumut selalu berupaya memasukkan unsur hiburan dalam setiap even yang mereka gelar, seperti halnya pada Porprovsu 2010 lalu. Mantan Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Tebing Tinggi 1996-2000 dan Ketua Umum PASI Sumut 2002Ð2007 itu menyadari sepenuhnya, gebyar olahraga ibarat ‘sayur tanpa garam’ jika minus entertaint.

Demi melengkapi ilmu manajemen sport entertaint dan sport bussnies, Gus Irawan pun tak segan-segan berkorban dana, tenaga dan waktu untuk belajar dari berbagai sukses even akbar, di antaranya Olimpiade Beijing 2008 dan Asian Games Guangzhou 2010.

Transformasi ilmu dan pengalaman itu semua, diyakininya akan sangat bermanfaat dalam mewujudkan obsesi dan misi besarnya, menjadikan Sumut sebagai tuan rumah Pekan Olahraga (PON) buat kali kedua, tahun 2020 mendatang.

’Kita telah melakukan banyak pendekatan untuk mewujudkannya. Baru-baru ini kita mengundang KONI Se Sumatera untuk membuka jalan ke sana sekaligus membahas Porwil ke-8 tahun 2011,’ jelas mantan Ketua Umum Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) Sumut (2004-2009) dan Ketua Satgasda Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) Sumut (2006-2008) tersebut.

Dengan Riau sebagai tuan rumah PON 2012 dan Jawa Barat pada 2016, Tokoh Penggerak Pembangunan Olahraga Sumatera Utara 2010 dari Harian Berita Sore itu mengaku, KONI Sumut juga terus berkomunikasi dan saling dukung.

Bankir muda penggemar jus alpukat dan sup Sipirok ini juga yakin, pembangunan fasilitas olahraga Sumut yang sekarang terkesan sangat lamban, bisa terdorong dengan sendirinya jika Sumatera Utara dipercaya menjadi tuan rumah PON mendatang.

About these ads

Tentang Hotmanjlumbangaol

Hotman J. Lumban Gaol, STh (Hojot Marluga) adalah seorang jurnalis. Saat ini Redaktur Pelaksana di tabloid REFORMATA. Telah terlibat menulis delapan (8) buku: Judul: (1) "Sitor Situmorang: Mitos Dari Lembah Kekal" (2) Sang Apostel Batak, Dari Munson-Lyman Hingga Nommensen (3) Menyebarkan Virus Etos. (4) PAMIMPIN Nama Pemberian Tuhan (Biografi Edwin Pamimpin Situmorang, S.H, M.H, Jaksa Agung Muda Intelijen 2010-2012). Selain itu, dia juga penyumbang beberapa tulisan di buku diantaranya: buku (5) Ir Leo Nababan "Mahasiswa Pejuang, Pejuang Mahasiswa", buku (6) Si Murai dan Orang Gila. Editor buku (7) Sian Tano Parserahan Tu Bagas Parsadaan. (8) Editor buku "Karyaku Dicatat Sorga: Biografi Pdt Ev Renatus Siburian." Dan, beberapa buku akan terbit dalam waktu dekat. Mendirikan situs ini sejak Tahun 2008. Sebelumnya dimulai dari mengkliping profil-profil Tokoh Batak. Membangun situs Ensiklopedia Tokoh Batak ini juga karena kecintaan belajar dari para orang sukses, mengapresiasi orang-orang Batak yang berprestasi. Selain itu, dia juga menulis cerpen. Salah satu cerpennya telah dibukukan Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) sebagai kumpulan cerpen komunitas berjudul Sigumoang. Selain bergelut di dunia tulis-menulis dia juga berkecimpung dalam pelatihan-pelatihan motivasi. Dia kini bergelut di dunia penulisan biografi, siap dikontak. Pendiri CV Halibutongan Publishing, penerbit buku ini, bisa dihubungi di HP: 081316518619 & 085710186058 atau E_mail: astephen.hojotmarluga@gmail.com. E_mail: hojotmarluga78@gmail.com. Facebook: Hojot Marluga. Twitter: HojotMarluga2.
Galeri | Tulisan ini dipublikasikan di Profesional dan tag , , , , , . Tandai permalink.

10 Balasan ke Gus Irawan Pasaribu

  1. Rubianto S.Ag berkata:

    saya penduduk KM.18. Jl danau tempe no.36A . HP. 081382377317. siap mendukung Bpk Gus Irawan menjadi Gubernur Sumut tahun 2013. MERDEKA. HORAS.

  2. Rubianto S.Ag berkata:

    saya sbg anak dari Bpk RUBIANTO S.Ag. juga mendukung sepenuh hati.
    selamat berjuang Bpk Gus Irawan.

  3. Suryadinata berkata:

    Kami Aliansi Masyarakat Sumatera Utara Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Asahan, Padang Lawas Utara, Mandailing Natal Pendukung Gus Irawan Pasaribu menjadi Gubernur Sumatera Utara Periode 2013-2018 dan siap audensi untuk program selanjutnya

  4. steven mc tobe berkata:

    Horas di hamuna Pak Dirut…………….gimana rencana menjadi GUBSU………..mohon info tentang program kerjasama PT bank Sumut,Pemkab taput dan Askrindo……..karena banyak macet nasabah………….program yang dilaksanakan di Gd Kesenian Tarutung Jalan Sisingamanagaraja………apakah benar Dana Bank Sumut 100 % atau Askrindo dan Pemkab Taput………..3 tuan dalam satu kesatuan………..karena kaitan perekonomian di Tapanuli Utara tidak berjalan atau setara monopoli………….by tobing (nasabah), yang diperpanjang pembayaran….sesuai kemampuan…..atau ada cara lainnya….minta meringankan………..semoga menjadi gubernur sumur kedepan………….info pak Diiirut.(082174051962)

  5. Norma khairani siregar berkata:

    Sy bangga dgn tokoh2 batak sy ddh lama ga ke pdgsidempuan jd ingin kesana.
    Sy kenal tokoh ini dari ibu sy siti rayo sinaga.

  6. taufik berkata:

    Untuk Pasangan G U S M A N cukup satu putaran……menjadi GUBSU…..

  7. tetapi sayangnya kurang pengalaman di bidang politik. dan saya pun ragu apakah beliau mampu bertahan dari sistem politik yang ada sekarang. dmana segala urusan harus melalui ” uang “.

  8. roni antonius sitanggang berkata:

    Mantap tuk om gus.saya dukung tuk jadi gubsu 2013

  9. rinaldy siregar berkata:

    saya mendukung bpk. GUS IRAWAN. untuk sumut sejahtera.
    saya yakin bpk. bisa memenangkannya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s