Hojot Marluga


Hotman J Lumban Gaol alias Hojot Marluga adalah seorang jurnalis. Saat ini Redaktur Pelaksana Tabloid REFORMATA. Pria kelahiran Matiti, Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang-Hasundutan, Sumatera Utara pada 1 Juli 1978. Memulai debutnya di media sebagai sirkulasi. Ayah dua anak, suami dari Welmi Marlini br Siburian, tahun 1999, menjadi sirkulasi di tabloid JEMAAT INDONESIA (JI) sebagai sirkulasi-distribusi.

Sejak di JI dia mulai belajar menulis. Sembari bekerja, dia kuliah di Sekolah Tinggi Teologia Doulos Jakarta, lulus 2003, (sekarang menempuh pendidikan pascasarjana [S2] Sekolah Tinggi Teologia Jaffray, Jakarta). Begitu lulus bekerja di Penerbit ERLANGGA sebagai koordiator agen pada devisi Erlangga Deret Selling (EDS).Tahun 2004, menjadi wartawan di majalah INDUSTRI&BISNIS. Kemudian tahun 2005, bergabung di majalah rohani DEVOTION dan wartawan di majalah BERITA INDONESIA sampai tahun 2006.

Sempat menjadi Manager Sirkulasi majalah BONA NI PINASA (majalah budaya yang melayani pembacanya 16 tahun sebelum akhirnya tutup). Mei 2007-Juli 2010, dia ikut merintis lahirnya majalah TAPIAN, terakhir menjadi Manager Marketing di majalah tersebut. Agustus 2010-Agustus 2011 menjadi wartawan di harian umum BATAKPOS dan menjadi kontributor di majalah NARWASTU PEMBARUAN.

Membaca baginya adalah keharusan, bukan hanya sekedar hobby. Setiap hari membaca minimal empat jam, atau membaca minimal 2 buku sampai tuntas setiap minggu. Sejak di umur 19 tahun, membaca sudah menjadi kebiasaannya, sudah membaca hampir 1000 buku. Kecintaanya terhadap buku, menulis, membawanya mendirikan penerbit CV Halibutongan Publishing, menerbitkan buku sendiri dan buku-buku lain.

One thought on “Hojot Marluga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s