Herris B.Simandjuntak


Harris B SimandjuntakWarna Warni Perayaan HUT Ke 148 Jiwasraya Diawali Dua Kegiatan Sosial
Jakarta, Ada banyak cara untuk mengungkapkan rasa syukur atas nikmat panjang usia yang telah kita terima. Beberapa diantaranya adalah dengan berbagi kebahagiaan terhadap sesama. Hampir serupa dengan agenda kegiatan pada tahun-tahun sebelumnya, Jiwasraya mengawali rangkaian perayaan HUTnya yang ke-148 dengan melakukan silaturahmi kepada para karyawan yang telah purna bakti (pensiun). Tak perlu diragukan, bahwa para pendahulu kita telah berjuang sepenuh tenaga guna merintis landasan yang kokoh atas kesuksesan yang kita nikmati hari ini.
Kegiatan silaturahmi dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2007, yaitu dengan menyambangi tak kurang dari 40 keluarga pensiunan Jiwasraya. Silaturahmi ini bertujuan memberikan apresiasi sekaligus perhatian lebih kepada mereka, baik secara moril maupun materil. Masih diwarnai oleh semangat untuk berbagi kepada sesama, pada tanggal 27 Desember 2007, keluarga besar Jiswaraya melanjutkan agenda sosialnya dengan melakukan aksi donor darah. Tak kurang 125 pendonor turut serta mensukseskan kegiatan yang dihelat di Aula Head Office Jiwasraya ini.
Upacara HUT Ke-148 Jiwasraya Sebagai seremoni pertama atas HUT ke-148 Jiwasraya yang jatuh pada tanggal 31 Desember 2007, Jiwasraya menggelar sebuah upacara khusus (3/1). Upacara ini dilaksanakan di Aula Head Office Jiwasraya dan dihadiri oleh seluruh pejabat dan pegawai Jiwasraya Kantor Pusat, Jakarta I RO, Jakarta II RO, Jakarta III RO serta beberapa anak perusahaan. Tak hanya di HO, upacara juga dilaksanakan di semua RO pada saat yang bersamaan. Selepas upacara, Herris B.Simandjuntak, Direktur Utama Jiwasraya menginformasikan tema HUT Ke-148 Jiwasraya, yaitu ”Memperkokoh Jiwasraya Melalui Peningkatan Pendapatan & Efisiensi Biaya”. Penetapan tema ini bertujuan untuk me-refresh bahwa pertumbuhan Jiwasraya senantiasa mengalami peningkatan walaupun masih di bawah tingkat pertumbuhan industri asuransi jiwa umumnya.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pangsa pasar (market share) Jiwasraya masih memiliki potensi yang sangat besar untuk terus dikembangkan. ”Target 2007 telah berhasil dicapai, namun dengan pencapaian tersebut, bukan berarti tugas kita semua telah berakhir, justru hal tersebut menjadi cambuk untuk harus lebih meningkatkan prestasi kerja kita,” tegas Herris. Acara pada hari itu dilanjutkan dengan pembacaan SK Bhakti Waksa Widayaka (BWW) 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun. Acara ini dirangkai dengan penyematan medali; pemberian SK.BWW dan piagam secara simbolis pembacaan penghargaan Masa Bakti Agen; pembacaan penghargaan Masa Bhakti Penagih; dan penyerahan plakat Purnabhakti kepada para pensiunan. Pada kesempatan tersebut dilaksanakan pula penyerahaan hadiah pemenang lomba olahraga yang diselenggarakan dalam rangka peringatan HUT ke-148 Jiwasraya, seperti bulutangkis, bola basket, tenis meja, dan bola volley pasir. Acara ditutup dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan langsung oleh seluruh Direksi dan kemudian diserahkan kepada karyawan terpilih. Guliran acara upacara pun segera beralih menjadi ajang tarik suara bertajuk Jiwasraya Idol yang telah mencapai tahap semifinal. Acara pamungkas ini mampu menghibur seluruh keluarga besar Jiwasraya yang memadati lokasi kegiatan.
Peluncuran Buku CEO Messages Masih dalam rangkaian acara HUT 148 Jiwasraya bertempat di Financial Hall, Graha Niaga Jakarta, diselenggarakan acara peluncuran buku kedua karya Herris B. Simandjuntak, Direktur Utama Jiwasraya yang berjudul “CEO Messages, 40 Nilai, Kiat Sukses Perusahaan Unggul” (8/1). Bisa dibilang isi buku ini adalah tabungan karya tulis Herris selama memimpin Jiwasraya. Dalam sambutannya Herris mengatakan bahwa buku tersebut dibuat sejak tahun 2003-2004 yang sebelumnya dimuat di Jiwasraya Magazine. “Buku ini terdiri dari 3 bagian yaitu prolog, 40 nilai-nilai, dan epilog yang merupakan benang merah dari keseluruhan artikel,” jelas Herris. “Citra yang terbentuk bagi BUMN yang masih tradisional adalah perusahaan yang birokratis, lamban, dan nepotisme (KKN). Jadi, masalah utama yang mendasari perilaku orang di perusahaan ialah nilai.
Masalah nilai adalah masalah kita semua sehingga saya menganggap perlu adanya tulisan tentang nilai-nilai yang dibukukan agar menjadi acuan dalam langkah hidup kita ke depan,” sambung Herris. Acara tersebut dihadiri oleh sedikitnya 200 undangan. Kesuksesan perhelatan peluncuran buku ini merupakan buah kerjasama para sponsor yaitu PT Asuransi Jiwasraya (Persero) sendiri dengan PT Henan Putihrai Asset Management, Sarijaya Permana Securitas dan Recapital Advisory, sementara penyelenggaraan acara tersebut ditangani oleh Bagian Humas Jiwasraya. Acara peluncuran diisi dengan diskusi buku dengan menampilkan Herris selaku Penulis, Eileen Rahman selaku pembahas dan moderator Noni Wibisono, salah satu presenter TV swasta. Acara diskusi buku berjalan dengan seru, peserta undangan mengikuti dengan antusiasme, mengomentari dan bertanya.
CEREMONY PUNCAK Acara puncak peringatan HUT ke-148 Jiwasraya berlangsung pada tanggal 9 Januari 2008. Seperti tahun sebelumnya, acara HUT ke-148 juga diikuti oleh Regional Office yang berada di Jakarta beserta Branch Office di bawahnya dan agen-agennya yang berprestasi Selain diisi final Jiwasraya Idol, acara ini diwarnai pula dengan acara hiburan yang menghadirkan artis terkenal yaitu Reza Artamevia dan Ira Swara. Guliran acara puncak ini dipandu oleh trio Cagur yang tampil sebagai MC. Para hadirin bersorak-sorai tatkala finalis Jiwasraya Idol, Gustia Dwipayana (administrator Serang BO) turun dari panggung dan tanpa malu-malu menyambangi penonton sembari menyanyikan lagu “Jatuh Cinta Lagi” yang dipopulerkan oleh MATTA Band. Aksi panggungnya yang cukup berani ternyata mendapat aplaus meriah dari penonton. Bahkan supporter dari pemuda yang selalu tampil dengan kaca mata hitam ini sempat melambai-lambaikan bendera dukungan mereka seperti layaknya ajang Indonesian Idol. Ketika finalis yang lain, Dana Subrata (administrator Jakarta Utara BO) menyanyikan “Aku Sedang Ingin Bercinta”nya Dewa 19, aplaus penonton makin meriah. Suitan, aplaus dan yel-yel pun memenuhi Gedung Danapala, Jakarta tempat acara selebrasi HUT Jiwasraya ke-148 digelar. Dan hasil vote menunjukkan para hadirin memilih Dana Subrata sebagai pemenang pertama Jiwasraya Idol. Puncak acara hiburan adalah tampilnya salah satu diva penyanyi Indonesia, Reza Artamevia. Berbalut gaun hitam panjang dan aksi panggung yang sederhana, Reza ‘menyihir’ hadirin dengan vokalnya yang khas.
‘Keabadian’, ‘Pertama’ dan beberapa lagu dari album sebelumnya merupakan lagu-lagu yang sempat popular. Acara selebrasi berjalan lancar dan diselingi dengan pembagian buku ke-2 Dirut Jiwasraya, Herris B. Simandjuntak yang baru saja dilaunch sehari sebelumnya. Sedangkan puncak doorprize berupa sebuah motor Yamaha Mio akhirnya menutup acara keseluruhan. Sepenggal kesan tertinggal ketika Herris memberikan potongan kue HUT pertamanya kepada sosok Rodin yang sepanjang karirnya (lebih dari 20 tahun) mengabdi sebagai driver di Jiwasraya.
Terkait dengan penyelenggaraan acara selebrasi ini beberapa komentar sempat terlontar dari pengunjung. Nuragus Susanto dari Harian Bisnis Kontan memberikan acungan jempol tentang acara celebration malam itu. Agus begitu ia biasa disapa menilai secara keseluruhan acaranya dikemas dengan apik, pendukung acaranya juga pas dan menghibur. “Kami juga salut meski acaranya padat Panitia mengakomodir keinginan kami bertemu Dirut Jiwasraya untuk mendapatkan statemen mengenai Perusahaan” ucap agus yang sempat mengikuti sebagian besar acara celebration bersama beberapa rekan media. Lidya Lianawati, Associate Director Sarijaya Permana Securitas, salah satu sponsor acara HUT 148 Jiwasraya yang hadir dalam acara tersebut juga memberikan pendapat senada.
Wanita cantik ini mengomentari kemasan acara yang dinamis sehingga tidak membosankan. Karena begitu menikmati sajian acara yang ada, Lidya bertahan mengikuti rangkaian acara hingga selesai. Sementara itu Junior Akhwan salah satu karyawan di HO mengomentari bahwa kemasan acara puncak HUT Jiwasraya ke 148 sudah bagus. Tetapi ia juga menyayangkan waktu pelaksanaan yang terlalu malam dan terlalu lama. Meskipun secara umum menilai positif acara selebrasi malam itu namun ada juga yang menilai pelaksanaan acara HUT kurang tepat waktunya karena berbenturan dengan pelaksanaan tahun baru Hijriah seperti diutarakan oleh Rahmi yang juga dari HO. Personal Accident Selain JS Idol, ada satu lagi yang membuat HUT JS ke-148 berbeda dari selebrasi-selebrasi sebelumnya, yaitu peluncuran produk PA (Personal Accident) berhadiah. Dengan premi murah, hanya Rp10.000 seseorang dapat mengasuransikan dirinya untuk produk PA selama setahun dan langsung mendapatkan sebuah undian untuk mendapatkan sebuah mobil Toyota Avanza dan beberapa hadiah lainnya. Pasar dari produk PA adalah karyawan, agen, penagih, bahkan pensiunan Jiwasraya dan keluarganya. Pemasaran produk ini ditutup hingga akhir Januari, kini pencapaian premi mendekati dua puluh juta rupiah untuk Jiwasraya HO saja.
“Yang melatarbelakangi munculnya produk ini adalah kebutuhan pegawai (keluarga besar Jiwasraya) akan Asuransi dengan premi relatif murah dan masa proteksi selama 1 tahun. Ditambah lagi kesempatan untuk memenangkan hadiah-hadiah yang akan diundi nantinya” terang Leonard, Ketua Pelaksana HUT 148 Jiwasraya yang juga Kabag. Administrasi Pemasaran, Div. Pemasaran tersebut. Tantangan Dihadapan Secara keseluruhan, rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-148 Jiwasraya telah berlangsung dengan sukses dan penuh kehikmadan. Namun ada satu hal yang tertinggal, yaitu rangkaian tantangan dihadapan yang harus dijawab dengan penuh rasa tanggungjawab dan kebersamaan. Diyakini bahwa hanya dengan kebersamaan yang terus terpelihara diantara seluruh keluarga besar Jiwasraya, maka kesuksesan Jiwasraya di masa depan akan tetap dapat diraih. Mari kita rapatkan baris demi terus menjaga kibaran kejayaan Jiwasraya dihari esok dan selamanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s