Gustav Adolf Manullang


Mengenang Tokoh Batak

Oleh: Hotman J Lumban Gaol
Sesungguhnya amat banyak tokoh Batak yang telah mengabdikan dirinya untuk bangsa dan Negara ini, tetapi tidak banyak yang dikenal dari mereka, malah tidak sedikit dihilangkan dalam sejarah Indonesia. Dan tidak banyak media yang mencoba mengali kearifan dan kemampuan daripara tokoh-tokoh yang telah meninggal.

Salah satu tokoh yang telah mengabdikan diri pada Negara ini adalah Gustav Adolf Manullang , atau dikenal dengan nama Letkol GA Manullang, sebagaimana salah satu jalan utama di Kabupaten Humbang-Hasundutan, Dolok Sanggul mengabdikan namanya. Tetapi tak banyak yang tahu bahwa dia berasal dari desa Matiti. Ia cinta kampunya, itu sebabnya, anaknya disebut Matiti dan Sanggul.

Dia adalah Komandan Yon Kavaleri 7. Letkol GA. Manulang, gugur di Kongo dalam pasukan Kontingen Garuda III, dia dikirim ke Kongo pada 1962. Konga III berada di bawah misi UNOC dan dipimpin oleh Brigjen TNI Kemal Idris dan Kol Inf Sobirin Mochtar.KONGA III terdiri atas 3.457orang dipimpin oleh Brigjen TNI Kemal Idris, kemudian Kol. Sabirin Mochtar.KONGA III terdiri atas Batalyon 531/Raiders, satuan-satuan Kodam II/Bukit Barisan, Batalyon Kavaleri 7, dan unsur bantuan tempur. Seorang Wartawan dari Medan, H.A. Manan Karim (pernah menjadi Wkl. Pemred Hr Analisa) turut dalam kontingen Garuda yang bertugas hingga akhir 1963. Menteri/Panglima Angkatan Darat Letjen TNI Ahmad Yani pernah berkunjung ke Markas Pasukan PBB di Kongo (ketika itu bernama Zaire) pada tanggal 19 Mei 1963.

Gustav meninggal dunia saat memimpin pasukan kemanusiaan di Kongo. Dia tertembak dan meninggal di Kongo. Terakhir, GA Manullang diangkat sebagai komandan pertama Yonkav Tujuh Panser/Caduad berdasarkan SK Menpangad No. Skep/911/VII/1962, tanggal, 9 Juli 1962, pangkat ketika itu Mayor Kav. Bertempat di lapangan Tegal Lega, Bandung. Saat itu, penyerahan tongkat kepemimpinan diserahkan langsung oleh Menteri Panglima ABRI (Menpangad) Mayjen (anumerta) TNI Achmad Yani.

BERITA:

Sejarah Pembentukan
Pembentukan Yonkav 7/Sersus berdasarkan SK Menpangad No. Skep/911/VII/1962, tanggal 9 Juli 1962. Bertempat di lapangan Tegal Lega, Bandung tanggal 23 Juli 1962 , tepat pukul 10:00 WIB diresmikan Batalyon Kavaleri 7 Panser/Caduad oleh Menpangad Mayjen TNI Achmad Yani.

Mayor Kav.Gustav Adolf. Manulang diangkat sebagai komandan pertama Yonkav 7 Panser/Caduad, dimana penyerahan tongkat kepemimpinan diserahkan langsung oleh Menpangad Mayjen TNI Achmad Yani.

Bermodalkan 50 unit panser buatan Inggris macam Ferret Scout Car, Saladin dan Saracen, Batalyon baru ini menumpang bermarkas di Rinkavnis (Resimen Induk Kavaleri Mekanis) di Purbaya, Padalarang, Bandung. Sebenarnya batalyon ini merupakan hasil peleburan Batalyon Kridha Yudha Turangga I dan Batalyon Kridha Yudha Turangga II.

Proses peleburan ini baru dapat dilaksanakan setelah selesainya Operasi Pagar Betis untuk menumpas Pemberontakan DI/TII Kartosuwiryo di Jawa Barat.

Berdasarkan Surat Keputusan Pangab Nomor Skep / 1044 / IX / 1963 Yonkav 7 Panser/Caduad secara resmi menjadi batalyon organik Kodam V / Jaya.

Awal perpindahan dari Padalarang ke DKI Jakarta, empat unit kompi dari Yonkav 7/Sersus bermarkas terpisah-pisah. Kompi 1 bermarkas di Palmerian, Kompi 2 di Bendengan Utara, Kompi 3 di Kramat, Kompi 4 di Tanah Abang dan Theresia (belakang Sarinah) dan Kompi Markas di lapangan Merdeka Barat. Kemudian markas Kompi Markas dipindahkan ke Theresia karena lokasinya dibangun Monumen Nasional (Monas) oleh pemerintah saat itu.

Sumber:http://majalahmiliter.blogspot.com/2009/01/batalyon-kavaleri-7panser-khusus-yonkav.html

Sumber: http://pejuang-blog.blogspot.com/2009/03/kontingen-garudakonga.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s