Jansen H Sinamo


PRIA kelahiran Sidikalang, 2 Juli 1958, ini adalah putra sulung pasangan Tachir Kalang Sinamo dan Fatimah Limbong, dengan tujuh adik. Ia jansen_sinamosendiri telah dikaruniai dua anak, Imanda Priskila Sinamo (19 thn) dan Marco Antonio Carnegie Sinamo (17 thn), dari Tri Hadayani, istrinya. Jansen Sinamo kini boleh jadi lebih dikenal sebagai ’Mr Ethos’ atau ‘Bapak Etos’, daripada sebagai grand master training pemegang lisensi pelatihan internasional. Bahkan, tidak sedikit yang menyebutnya ‘Guru Etos Indonesia’. Layakkah gelar besar ini disandangnya? Entahlah, sejarahlah yang akan menjawabnya. Yang jelas, dialah penggagas, pencipta, pengembang, sekaligus pengemban ‘pelatihan sumberdaya manusia berbasis etos’ yang pertama di Indonesia.

Pada usianya yang ke-25, ia lulus dari Jurusan Fisika, Institut Teknologi Bandung, dengan kekhususan fisika nuklir. Sesudah bekerja sebagai seismic engineer selama empat tahun (1983-1986) di dua perusahaan asing di bidang jasa perminyakan (PT Matra Delta dan PT Horizon International Indonesia), setahun berikutnya (1987) ia kemudian dikontrak untuk meletakkan dasar-dasar sistem informasi manajemen pada World Vision International Indonesia, sebuah LSM yang berpusat di Amerika Serikat.

Selain membaca, hobinya yang lain adalah berceramah dan mengajar. Pada masa senior perkuliahannya, ia pernah menjadi asisten dosen sejumlah mata kuliah antara lain fisika dasar, fisika lanjut, dan fisika kuantum. Dengan modal sebagai asisten selama tiga tahun, pada lima tahun berikutnya (1984-1989) ia dipercaya jadi sebagai dosen luarbiasa dalam matakuliah Etika pada almamaternya tersebut.

Sejak 1985 hingga tiga belas tahun sesudahnya, ia bergabung dengan lembaga pelatihan bisnis internasional: Dale Carnegie. Mula-mula sebagai magang, kemudian menjadi instruktur, dan terakhir, sejak 1994, ia menjadi grand master (pelatih untuk para pelatih) untuk wilayah Asia Tenggara. Dengan pengalaman Dale Carnegie inilah ia diundang jadi pengajar khusus dalam matapelatihan Public Speaking and Business Presentation pada Program Magister Manajemen Institut Pertanian Bogor hingga sebelas angkatan (1992-1996).

Di sela-sela kegiatan bisnisnya, Jansen Sinamo juga berperan aktif di bidang sosial. Pada kurun 1998-2001 ia dipercaya menjadi sekretaris umum Yayasan Perhimpunan Pencinta Danau Toba dan jadi ketua pada tiga tahun berikutnya. Di masa kesekretarisannya, bekerjasama dengan UNESCO, ia mengelola buletin Pesan Danau Toba yang sempat terbit sebanyak 48 edisi. Ia juga aktif dalam ikhtiar memajukan daerah asalnya, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Hingga kini ia dipercaya jadi penasihat ahli Bupati Dairi.

Sejak 1998 Jansen Sinamo memulai debutnya sebagai penulis. Ia menulis banyak artikel di berbagai media, terbanyak di KOMPAS. Hingga kini telah menghasilkan enam buku yaitu (1) Kepemimpinan Visioner, Kepemimpinan Kredibel, (2) Strategi Adaptif Abad Ke-21, (3) Kafe Etos: Dua Puluh Empat Kisah Renyah untuk Memperkuat Etos Kerja Unggul, (4) Dairi: The Hidden Prosperity, (5) Delapan Etos Kerja Profesional, dan (6) Mengubah Pasir Menjadi Mutiara. Dua yang terakhir ini sudah tergolong best-seller dan masih terus dicetak ulang.

Pada 1998 ia memfokuskan diri mendalami dan mengampanyekan Delapan Etos sebagai basis dan navigator menuju keberhasilan, dengan antara lain terus menjadi penulis, pembicara publik, dan narasumber tetap pada jaringan radio SmartFM Network serta televisi Q-Channel. Kini ratusan ribu orang dari hampir semua jenis organisasi, mulai dari badan usaha pemerintah hingga swasta; lembaga swadaya masyarakat, yayasan nirlaba maupun lembaga pemerintah; di pusat maupun di daerah, telah menikmati seminar dan pelatihannya. Ia dan keluarganya tinggal di daerah Jakarta Timur.

sumber: http://www.proaktif.biz/profil/jansen_sinamo.php

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s