Andian Silalahi


Andian Silalahi

Andian Silalahi lahir tahun 1942 di Huta Silalahi, Tapanuli Utara. Jabatan terakhir adalah menjabat Duta Besar Republik Indonesia untuk Perancis. Kariernya dimulai tahun 1969 di Departemen Luar Negeri. Pengalaman diplomatnya dia timba saat di Washingoton DC, di Wina, Bangkok dan New York sebagai Perwakilan Tetap RI di PBB.

Sejak kembali ke Jakarta, Adian dipercayakan menjabat direktur hubungan multilateral, dan kemudian ditempatkan di Jenewa sebagai deputi Wakil Tetap RI di PBB. Pengalaman-pengalaman itu membawahnya banyak “makan asam garam” diplomasi luar negeri.

Dari seluruh perjalanan kariernya dia dipercayakan menjabat Duta Besar Brazil merangkap Peru dan Bolivia. Dan, tahun 2001 dia diangkat menjadi Duta Besar RI untuk Republik Perancis. Di Paris ia banyak berhubungan dengan orang-orang penting, terutama untuk mengurusi orang-orang Indonesia yang membutuhkan beasiswa di sekolah-sekolah Prancis.

“Belajar di Perancis relatif murah. Bila ada sponsor belajar di negeri itu pun gampang. Persyaratan utamanya adalah mahasiswa harus pandai berbahasa Perancis, “ kata Adian. Bagi orang Indonesia, sosok Adian Silalhi adalah mumpuni.

Sejak Adian Silalahi menjadi Dubes, hampir semua kegiatan yang diselenggarakan oleh KBRI selalu mengundang orang-orang Indonesia yang ada di kota Prancis. Termasuk para intrepreneur Keluarga Besar Restoran selalu diundang KBRI.

Selain itu, dia adalah duta besar yang selalu melestarikan budaya bangsa: pementasan wayang pada tanggal 21 April 2004, di Gedung Unesco, Paris, yang digelarkan oleh Dalang KI Manteb Soedarsono dari Jawa Tengah. Pergelaran wayang kulit dengan lakon “Sesaji Rajasuya” di Ruang 1 Maison de Unesco yang terletak tidak jauh dari Menara Eiffel. Ruang pertunjukan yang berkapasitas 1400 orang itu, sampai ke balkon-balkonnya penuh adalah bagian dari melestarikan budaya bangsa. ***Hojot Marluga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s