Duddi Sinaga


Duddi Sinaga SIP
Kemajuan Daerah Tergantung Infrastrukturnya

Duddi Sinaga

Camat Sikakap, Mentawai Duddi Sinaga baru pertama kali menjabat sebagai camat, tapi dia sudah biasa dengan organisasi karena pernah menjabat sebagai Plt Kabag Organisasi di Kantor Bupati Kepulauan Mentawai. Berikut bincang-bincangnya dengan Supri Lindra dari Puailiggoubat.

Sejak kapan Anda menjadi camat Sikakap?

Sejak tanggal 19
Januari 2009 lalu, langsung dilantik oleh Bupati Kepulauan Mentawai Edison Seleleubaja.

Sebelumnya bertugas di mana?

Sebelum jadi camat saya menjabat Pelaksana Tugas Kabag Organisasi di Kantor Bupati Kepulauan Mentawai.

Sejak ditunjuk menjadi Camat Sikakap desa-desa mana saja yang telah Anda kunjungi ?

Sejak ditunjuk menjadi Camat Sikakap tugas utama saya adalah memperkenalkan diri kepada masyarakat melalui kunjungan – kunjungan ke setiap desa yang di bawah naungan Kecamatan Sikakap. Kunjungan pertama saya yang ditemani Sekretaris Camat Sikakap Rusli Sakoikoi diadakan 12 Februari lalu ke Desa Matobe. Di situ diadakan temu ramah dengan masyarakatnya di Gereja GKPM Matobe. Selanjutnya saya berkunjung ke dusun – dusun yang ada di Desa Matobe seperti Dusun Polaga, Dusun Magaugau, Dusun Sarere dan Dusun Katunang.

Kunjungan kedua diadakan tanggal 21 Februari lalu di Dusun Bulag Monga, Desa Taikako dan tentu Desa Sikakap tidak ketinggalan, dalam rangka perkenalan dengan masyarakat sekaligus melihat hasil kerja proyek P2D anggaran 2008 dan PNPM – MP.

Selain perkenalan dengan masyarakat kunjungan itu Anda gunakan untuk kegiatan apa?

Kunjungan tersebut saya gunakan untuk melihat proyek P2D yang di danai Pemkab dan dikerjakan tahun 2008 lalu, selain melihat proyek P2D saya juga menggunakan kesempatan itu untuk melihat jalan di Dusun Katunang dan jalan di Dusun Sarere Desa Matobe yang dilaksanakan melalui dana dari Program Nasional Pemerdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan ( PNPM – MP ) anggaran 2008. Itu pula yang saya lakukan di Desa Sikakap dan Desa Taikako .

Menurut Anda apakah Proyek P2D dan PNPM – MP bisa meningkatkan perekonomian masyarakat ?

Dengan adanya proyek P2D dan Program PNPM – MP secara tak langsung telah membantu pemerintah untuk membuka jalan antar dusun dan jalan antar desa dengan adanya jalan antar dusun dan jalan antar desa sehingga masyarakat dapat melakukan perjalanan dengan mengunakan transportasi darat seperti sepeda motor, selama ini cuma bisa ditempuh dengan mengunakan transportasi laut seperti speed boat atau sampan dayung, dengan adanya jalan darat akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sebab masyarakat dapat menjual hasil perkebunannya dengan setiap saat, contohnya sekarang Dusun Cimpungan, Desa Matobe kalau masyarakatnya mau menjual hasil perkebunannya sekarang sudah bisa kapan mereka mau sebab sudah bisa dengan sepeda motor, yang jalas untuk tahun 2009 ini kita masih menjadikan proyek P2D dan PNPM – MP sebagai prioritas utama dalam pelaksanaan pembangunan, baik itu di tingkat desa maupun di tingkat dusun, apalagi sekarang untuk anggaran 2009 PNPM – MP kecamatan Sikakap mendapatkan bantuan sebesar Rp2 milyar melalui APBN Pusat.

Untuk meningkatkan kinerja staf Kecamatan Sikakap langkah apa saja yang akan Anda lakukan dalam meningkatkan kinerja staf?

Kebetulan sekarang ini di Kantor Camat Sikakap saya ditunjuk oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai sebagai pemekang tampuk pimpinan yang dituakan selangkah dari staf-staf lainnya, tapi ini tidak membuat saya menjadi besar kepala karena ini adalah beban berat bagi saya terutama sekali masalah tanggungjawab pekerjaan, maka dalam bekerja saya selalu menanamkan prinsip kekeluargaan dan saling menghormati sesama staf dan camat dengan stafnya, dalam bekerja saya mengharapkan kerja sama yang baik antar staf sebab menurut saya aparat camat adalah suatu tim yang harus saling tolong menolong dalam melaksanakan pekerjaan.

Masalah disiplin bagaimana?

Sesuai dengan kesepakatan Camat Sikakap dan staf Kecamatan Sikakap maka disepakati masuk kerja setiap hari Senin sampai Jum’ at masuk pukul 08.00 wib dan pulang pukul 15.00 wib, istirahat pukul 12.00 dan masuk kerja lagi pukul 13.00, kecuali hari Jum’at istirahat pukul 11.30 wib dan masuk kerja lagi pukul 14.00 wib, sementara pulangnya tetap seperti jam kerja biasa yakni pukul 15.00 wib siang.

Kalau ada staf kecamatan yang melanggar kesepakatan ini sanksi apa yang akan Anda berikan?

Bagi staf yang melanggar kesepakatan ini maka sanksi utama adalah teguran yang dilakukan langsung oleh Sekretaris Camat Sikakap, kalau teguran pertama tidak diindahkan maka sekcam memberikan teguran kedua, seandainya juga tidak diindahkan maka camat akan membuat teguran secara tertulis kepada staf tersebut, seandainya juga tidak diindahkan maka terpaksa Camat Sikakap membuat surat ke Kantor Bupati Kepulauan Mentawai yang menangani masalah kepegawaian dan surat tersebut akan ditembuskan langsung ke Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, selanjutnya merekalah yang menentukan sanksi apa yang akan diberikan kepada staf yang bandel tersebut apakah akan dikenai sanksi administrasi seperti pemotongan uang tunda atau tidak diberikan sama sekali.

Menurut Anda pembangunan apa yang harus dilaksanakan terlebih dahulu di ke Kecamatan Sikakap?

Menurut saya yang harus dilaksanakan terlebih dahulu adalah jalan tembus antar desa, dusun dan jalan tembus ke ibu kota kecamatan, kalau udah ada jalan tembus maka perhubungan akan lancar, sehingga setiap informasi yang berkembang akan cepat diterima masyarakat, untuk mencapai tujuan ini selain proyek P2D dan PNPM-MP, kita akan langsung berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai terutama sekali Dinas Pekerjaan Umum (PU).

Sesuai dengan pengalaman selama ini setiap proyek yang masuk ke Kecamatan Sikakap terutama sekali proyek yang dilaksanakan oleh kontraktor selalu mengalami masalah, terutama masalah ganti rugi lahan sehingga sering mengakibatkan proyek tersebut terpaksa dihentikan. Seandainya hal ini Anda alami langkah apa yang akan Anda lakukan dalam menyelesaikan persoalan ini?

Seandainya hal ini terjadi maka saya akan mengajak Muspika lainya seperti Kapolsek Sikakap, Danramil Sikakap dan tentu mengikutkan pemerintah desa sebab yang tahu wilayah desanya adalah kepala desa dan stafnya untuk dapat membantu saya dalam menyelesaikan masalah ini, kalau masalahnya bersangkutan dengan kriminal maka akan kita serahkan masalah ini ke Mapolsek Sikakap, tapi kalau masih bisa diselesaikan dengan cara kekeluargaan maka akan kita selesaikan secara musyawarah, tapi seandainya tidak bisa maka akan diambil jalur hukum sesuai dengan hukum yang berlaku.

Apa harapan Anda terhadap masyarakat Kecamatan Sikakap?

Pembangunan di Kecamatan Sikakap tidak akan berjalan dengan baik kalau tidak ada dukungan dari masyarakat, untuk itu saya sebagai Camat Sikakap sangat berharap sekali agar seluruh masyarakat Kecamatan Sikakap mau bekerjasama dalam melaksanakan pembangunan, kesejahteraan dan keamanan, kalau semua ini dapat terwujud yang akan menikmati hasil pembanguan, kesejahteraan dan keamanan kan kita bersama, dengan terciptanya keamanan di masyarakat tentu setiap investor yang ingin masuk ke Kecamatan Sikakap akan merasa tenang dan tidak was – was menanamkan modalnya.

Harapan Anda terhadap Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai?

Saya sangat berharap sekali dukungan dan perhatian dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai terutama sekali masalah pembangunan, karena sekarang ini masyarakat Mentawai umumnya, khususnya masyarakat Kecamatan Sikakap, sangat mengharapkan pembangunan di segala bidang, baik pendidikan, kesehatan, ekonomi maupun pembangunan yang berbentuk fisik seperti pembuatan jalan tembus.

Pengalaman Anda dalam melakukan kunjungan pertama sebagai Camat Sikakap?

Dari kunjungan pertama yang saya lakukan di Desa Matobe masyarakat sangat senang, buktinya baru saja mendapatkan informasi dari kepala desa atau kepala dusun tentang kedatangan kami, masyarakat udah berbondong – bondong datang ke Kantor Desa Matobe, bahkan ada yang menunggu di dermaga. Melihat antusiasme masyarakat terhadap kunjungan perdana kami, saya akan sering – sering melakukan kunjunagan kedesa – desa atau dusun – dusun di wilayah Kecamatan Sikakap. (supri)

Biodata

Nama: Duddy Sinaga Sip.

Tempat/Tanggal Lahir: Pematang Siantar/ 20 Februari 1974

Pendidikan: S1 Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah.

Pekerjaan: Camat Sikakap.

Alamat : Komp Perumahan Camat Sikakap, Dusun Sikakap Timur, Desa Sikakap.

Iklan

2 Comments

  1. mantap pak camat sikakap. batak memimpin mentawai. jujur kata kunci. unang rusak reputasi alani na saotik. hidup hanyan 70 tahun kalau kuat. jangan sia-siakan hidup dan waktu. karena waktu tidak bisa di ulang. ok, pak naga…………GBU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s