Cosmas Batubara


Cosmas Batubara (lahir di Purbasaribu, Simalungun, Sumatera Utara, 19 September 1938; umur 71 tahun) adalah seorang politikus Indonesia. Di masa Mahasiswanya dia adalah Ketua Presidium Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katholik Republik Indonesia (PMKRI) dan Ketua Presidium KAMI Pusat. Dia adalah Pelopor Gerakan Mahasiswa Angkatan 66 yang disegani. Ia pernah menjabat Menteri Muda Urusan Perumahan Rakyat, Menteri Negara Perumahan Rakyat dan Menteri Tenaga Kerja, ketiganya dalam masa pemerintahan presiden Soeharto. Ia menikah dengan R.A. Cypriana Hadiwijono dan dikaruniai 2 putra dan 2 putri. Ia telah memiliki sebuah otobiografi politik yang berjudul Cosmas Batubara: Sebuah Otobiografi Politik yang diterbitkan dibawah Penerbit Buku Kompas di Jakarta, Maret 2007.

Anggota Dewan Penasihat SOKSI. 2005 – sekarang. Menteri Tenaga Kerja 1988 – 1993. Menteri Negara Perumahan Rakyat 19 Maret 1983 – 22 Maret 1988.

Mantan aktivis mahasiswa (Ketua Umum Presidium KAMI 1966) yang kemudian selama 15 tahun menjabat menteri. Pria yang selalu tampak tenang namun pemberani itu setelah tidak lagi menjabat menteri, dia mengikuti Program Pasca Sarjana FISIP UI dan meraih gelar doktor pada usia 74 tahun, Kamis (22/8/2002).

Mantan Menteri Tenaga Kerja Cosmas Batubara, kelahiran Purbasaribu, Simalungun, Sumatera Utara, 19 September 1938, itu berhasil mempertahankan disertasinya dengan dengan predikat cum laude (lulus dengan pujian).

Dia mengikuti Program Pasca Sarjana FISIP UI sejak 1994. Suami dari RA Cypriana Hadiwijono Saragih itu terlebih dahulu mengikuti program matrikulasi S2 (Pra Program Doktor), dan lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,6.

Mantan Ketua Presidium KAMI Pusat (1966) itu sempat menjadi anggota DPR (1967-1978), sebelum menjabat menteri selama 15 tahun. Mulai dari Menteri Muda Urusan Perumahan Rakyat (1978-1983), kemudian Menteri Negara Perumahan Rakyat (1983-1988) dan terakhir Menteri Tenaga Kerja (1988-1993). Saat menjabat Menteri Tenaga Kerja dia juga menjabat Presiden International Labor Organization (ILO).

Setelah tidak lagi menjabat di pemerintahan, Cosmas aktif dsebagai konsultan sumber daya manusia dan komisaris di beberapa perusahaan realestat, perusahaan otomotif, minuman dan bubur kertas. Mantan guru itu juga aktif di beberapa perguruan tinggi sebagai pengurus yayasan dan sebagai ketua dewan penyantun.

Yatim Usia 8 Tahun
Cosmas telah yatim pada usia delapan tahun. Ayahnya seorang mandor pembuat jalan. Anak ketujuh ini merantau ke Jakarta dalam usia 16 tahun. Dalam usia belia itu, Cosmas sudah berkeinginan mandiri. Dia meninggalkan Purbasaribu, desa kelahirannya di Simalungun, Sumatera Utara, hanya berbekal ijazah sekolah guru (SGB). Di Jakarta, dengan mandiri dia ingin menambah ilmu dan mencari pengalaman.

Beruntung, beberapa saat setelah tiba di Jakarta, ia bisa diterima mengajar di SD Strada, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat. Sambil mengajar dia pun melanjutkan studi di SGA. Kemudian melanjut ke Sekolah Tinggi Publisistik.

Semasa kuliah dia aktif di PMKRI, bahkan sampai menjadi ketua umum pengurus pusat di organisasi mahasiswa Katolik tersebut. Setelah lulus sarjana muda di Sekolah Tinggi Publisistik, itu kemudian Cosmas melanjutkan studinya di Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI.

Saat itu terjadi G-30- S/PKI, 1965. Namanya pun mencuat sebagai aktivis mahasiswa melalui organisasi KAMI, yang mereka dirikan. Cosmas menjabat Ketua Presidium KAMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia) Pusat (1966), organisasi mahasiswa yang sangat aktif menumbangkan Orde Lama.

Setelah Orde Lama ditumbangkan, sejak 1966 Cosmas diangkat menjadi anggota DPR-GR sebagai wakil mahasiswa. Kemudian sejak Pemilu 1971, dia pun aktif berkampanye untuk Golkar.

Setelah menjabat anggota DPR-GR dia menikah dengan RA Cypriana Hadiwijono yang telah dikenalnya sejak 1964, ketika keduanya sama aktif di PMKRI. Mereka menikah tahun 1967 dan dikaruniai emapat anak. Isterinya, wanita asal Yogyakarta itu kemudian diberi marga Saragih, setelah diajak pulang kampung.

Setelah duduk selama tujuh tahun sebagai anggota DPR, dia kemudian diangkat menjadi Menteri Muda Urusan Perumahan Rakyat dalam Kabinet Pembangunan III. Kemudian kembali dipercaya sebagai Menteri Negara Perumahan Rakyat Kabinet Pembangunan IV. Setelah itu, Cosmas memimpin Departemen Tenaga Kerja sebagai menteri pada Kabinet Pembangunan V

2 thoughts on “Cosmas Batubara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s