Todung Sutan Gunung Mulia, Dr.


Tokoh pergerakan nasional, terutama dibidang pendidikan dan gerejani. Kelahiran Padang Sidempuan, Sumatera tahun 1896 dan meninggal tahun 1969. Ia merupakan wakil sekaligus Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan tahun

Todung SutanGunung Mulia Harahap
1945-1946. Sebagai pendiri Dewan Gereja-gereja di Indonesia ia menjadi ketuanya yang pertama (1950-1960). Bersama Prof. Dr. KAH. Hidding dari Leiden (Belanda), ia memimpin redaksi penyusunan Ensiklopedia Indonesia (tiga jilid).

Pada masa penjajahan ia bekerja sebagai guru sekolah rendah di Kotanopan (Sumatera), juga guru Kursus Hoofdacte di Bandung, kemudian menjadi pegawai Departemen Pengajaran dan Departemen Perekonomian. Ia memperoleh gelar sarjana hukum dari Universitas Leiden, Belanda sedangkan gelar doctor bidang sastra dan filsafat ia peroleh dari Universitas Amsterdam.

Selepas dari jabatan Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan, Mulia bertugas sebagai guru besar pada Universitas Darurat RI dan Universitas Indonesia di Jakarta hingga tahun 1951. Ia juga sebagai pendiri dan ketua Universitas Kristen di Jakarta; ketua Lembaga Alkitab Indonesia yang bertugas memperhatikan terjemahan Alkitab ke dalam bahasa Indonesia.

Pada tahun 1966 ia memperoleh gelar kehormatan dalam ilmu Teologia dari Universitas Vrije di Amsterdam. Meninggal tahun 1966, hingga akhir hayatnya ia merupakan ketua Badan Pengurus Sekolah Tinggi Theologia di Jakarta. Beberapa buku hasil karangannya antara lain India (1949), berisi tentang sejarah politik dan pergerakan kebangsaan India.***

One thought on “Todung Sutan Gunung Mulia, Dr.

  1. makasih atas artikel ini. saya yg sering ke toko bpk gunung mulia… setelah lama baru tahu kalo itu nama dr seorang tokoh batak. …. dengan artikel semakain banayk tentang beliau seperti di pendiri UKI, lulusan dari sekolah belanda, terlebih membuat ensiklopedia bhs indonesia… waduh hebat bapak ini….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s