Martin Manurung


Martin lahir di Jakarta, Indonesia, pada tanggal 31 Mei 1978. Saat ini, ia tinggal di Jakarta dan bekerja sebagai Direktur Utama PT Sekurindo Gada Patria. Perusahaan ini menyediakan konsultasi untuk berbagai perusahaan, baik nasional maupun internasional, pada pengelolaan risiko dan kelangsungan bisnis di tengah perubahan konstan sosio-politik-ekonomi lingkungan Indonesia.

Setelah menghabiskan masa kecilnya sebagai penyanyi, ia mendapat gelar sarjana di bidang ekonomi dari Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, jurusan Ekonomi Uang dan Perbankan. Selama waktunya di universitas, ia aktif sebagai aktivis mahasiswa dan berada di garis depan gerakan yang mengakhiri kediktatoran Suharto pada tahun 1998. Sementara menjadi seorang aktivis mahasiswa, Fakultas Ekonomi memilih dia sebagai salah satu dari tiga mahasiswa berprestasi tahun 2000. Selama 1998-2001, ia juga mengajar Pengantar Ekonomi, Mikro dan Ekonomi Mikro, Ekonomi Indonesia, di Universitas.

Pada tahun 2005, ia memperoleh Penghargaan Chevening Inggris dan memperoleh gelar Master dari School of Development Studies, University of East Anglia, di Norwich, Inggris, pada tahun 2007. Sekolah, sekarang dijuluki sebagai “School of International Development,” diakui sebagai salah satu sekolah pengembangan penelitian terkemuka di Inggris, dan juga di Eropa.

Dalam politik, ia adalah Ketua Relawan Perjuangan Demokrasi (REPDEM / Relawan Perjuangan Demokrasi), sebuah organisasi massa di bawah Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan (Partai Demokrasi Indonesia – Perjuangan) dari 2007 sampai 2010.

Pada 1 Februari 2010, Martin bersama dengan 44 orang yang berasal dari berbagai latar belakang menyatakan Demokrat Nasional. Massa-organisasi secara luas diakui sebagai memiliki “Restorasi Indonesia” (Restore Indonesia) sebagai tag line-perjuangan mereka untuk membuat pekerjaan demokrasi Indonesia untuk kesejahteraan rakyat dan keadilan sosial berdasarkan nilai awal yang ditetapkan oleh pendiri negara itu. Para inisiator nasional organisasi adalah Surya Paloh, pemilik TV nasional besar stasiun berita (Metro TV) dan surat kabar (Media Indonesia), dan Sultan Yogyakarta, Hamengku Buwono X.

Pada tanggal 14 Juli 2011, Martin dilantik sebagai Ketua Umum Garda Pemuda Nasdem (Nasional Demokrat Organisasi Pemuda itu). Dalam organisasi ini, ia terpilih bersama dengan 185 anggota Dewan Garda Pemuda Nasdem Tengah, dan Surya Paloh duduk sebagai Ketua Dewan Penasihat Pusat.

Ia juga telah terlibat dalam gerakan sosial-demokratis sejak masa mudanya yang awal. Dia adalah pendiri Progresif Tenggara Muda Asia (YPSEA), sebuah organisasi regional terdiri dari gerakan pemuda progresif di Asia Tenggara. Pada tahun 2009, ia juga terpilih sebagai anggota Komite Pengarah Jaringan Sosial-Demokrasi di Asia, sekelompok partai politik; pre-party formasi, dan politisi progresif, ulama dan aktivis di wilayah yang berbagi nilai-nilai demokrasi sosial dan perspektif. Sejak 2010 ia juga terlibat sebagai anggota dewan redaksi dua Sosial-Demokrat Jurnal, yaitu Jurnal Demokrasi Sosial di Asia dan Indonesia Sosial-Demokrasi Journal.

Terlepas dari politik-ekonomi kegiatan di atas, ia juga Direktur Eksekutif Institute for Democracy Kesejahteraan, non-profit dan organisasi non-pemerintah yang berbasis di Jakarta yang bertujuan untuk mengubah sosial-demokrasi ide, khususnya yang berkaitan dengan demokrasi, kesejahteraan dan keadilan sosial, untuk menjadi kebijakan negara.

Kolom-nya sering muncul di koran-koran utama di Indonesia, yang meliputi Kompas, Jakarta Post, Jurnal Nasional, Suara Pembaruan, Sinar Harapan, dan harian BATAK POS. Dia juga telah diwawancarai di berbagai media internasional.

One thought on “Martin Manurung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s