Drs. Elvin Blucher Sinaga, MM, Ph D


P.Sinaga 002Tegas dan apa adanya, itu yang pertama kali akan kita tangkap saat berbicara dan bertukar pikiran dengan salah satu tokoh di komisi keuangan dan perbankan atau komisi 11 DPR RI. Terlahir 5 desember 1952, Drs. Elin Blucher Sinaga, MM, Ph D, atau akrab dipanggil bang Sinaga oleh rekan wartawan ini terkenal sebagai salah satu anggota dewan yang vokal dan kritis terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi oleh komisi 11 dalam menangani fungsi pengawasan, anggaran dan legislasi terkait dengan deaprtemen keuangan, Bank Indonesia, Badan Pemeriksa keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Pusat Statistik (BPS), Lembaga Keuangan non bank dan Badan Pemeriksa Keuangan.

Terakhir ini dalamn fit and proper test calon anggota BPK, dalam berbagai temu wicara dengan publik, Sinaga menyampaikan bahwa tiga kriteria yang harus dipenuhi adalah integritas tinggi, kapabilitas, kemampuan akademis dan memiliki visi misi yang jelas serta memiliki budi pekerti. Itu hanya sekelumit kisah kinerja Sinaga dalam kesehariannya di gedung senayan, masih banyak pernyataan kritis dan membangun Sinaga yang dilakukannya demi meningkatkan kinerja aparatur pemerintah.

Selepas kesibukannya di DPR RI, Sinaga muncul sebagai sosok sederhana yang tidak mau kedudukannya sebagai pejabat negara dipergunakan sebagai kesombongan semata, padahal dirinya adalah salah satu anggota DPR RI yang telah menyandang gelar S3 Doctor of Pilosophy (Ph D ) dari Chicago University. Sebelumnya pria kelahiran Girsang, Sumatera Utara ini menempuh pendidikan di Akademi Tekstil Uniersitas Veteran(1975), Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bandung jurusan Administrasi Negara (1986) dan Pascasarjana Uniersitas Padjajaran program Magister Manajemen (1999). Menilik dari riwayat pendidikan sudah sangat jelas berbagai asam garam di dunia pendidikan administrasi negara dan ekonomi manajemen strata dua sudah dia dalami.

Aktivitas sebagai mahasiswa ternyata tidak membuat Sinaga hanya menjadi mahasiswa biasa, namun dirinya muncul sebagai mahasiswa yang juga harus bekerja keras demi membiayai kuliahnya dan meningkatkan potensi diri. Tercatat Sinaga belia pernah bekerja sebagai editor pada Kantor Biro Pusat Statistik di Jakarta, Senior Spinning Master di Industri Textile Industry Purwakarta, hingga kariernya menanjak dan semakin cemerlang sebagai Marketing Executive di perusahaan American Indonesian Group (AIG), Public and Human Relation Manager di PT Metro Group.

Berbagai seminar diikuti oleh tokoh dari fraksi demokrat ini, antara lain seminar internasional “Strategic management and case studies on current emerging topics in strategic management with emphasis for non dominant economics, such as Indonesia” kerjasama uniersitas Padjajaran bandung dengan University of Western Australia, hingga seminar yang diadakan departemen Perindustrian dan Perdagangan RI ‘Kiat menghadapi tuduhan dumping dan pengajuan petisi anti dumping terhadap produk produk ekspor unggulan Indonesia’.

Dalam hal kepemimpinan sosok berwibawa dari Sinaga turut menghantarkannya mengikuti pemilihan walikota pematang siantar periode 2000-2005 hingga final, menjadi ketua umum Kamar Dagang Industri Usaha kecil menengah ( Kadin UKM) Proinsi Jawa Barat 2002-2007 dan berlanjut lagi hingga periode kedua tahun 2007-2012, Ketua LSM–LP2S lembaga Pembangunan dan Pengembangan, Siantar Simalungun sejak Maret 2003 hingga saat ini, hingga Wakil Sekretaris Dewan Pimpinan cabang Asosiasi Kontraktor ketenagalistrikan Indonesia (AKLINDO) kota Bandung periode 2008-2013. Di dalam fraksi nya, Sinaga selain menjadi wakil dari fraksi untuk menjadi anggota komisi 11, dirinya juga menjadi Wakil Sekretaris II DPD Partai Demokrat jawa Barat periode 2008-2013.

Sederet prestasi dan perjuangan kepemimpinan Sinaga dalam organisasi dan karier tak membuat pria ini menjadi sombong, bahkan kepada anak anaknya dia tetap mengajarkan kebersahajaan. Apabila penat dengan berbagai pekerjaan, Sinaga menghabiskan waktu dengan kegiatan rohani sebagai umat Kristiani dan mengajak jalan–jalan anaknya, tidak dengan mobil dinas DPR RI tetapi justru memilih mobil panther tua yang dimilikinya, suatu pribadi yang unik dan sederhana. Bahkan hal ini menular pada ke empat anaknya, apabila ditanyakan apa pekerjaan orang tua, serempak ke empat anaknya akan menjawab bahwa ayahnya hanyalah seorang hamba Tuhan. Satu hal yang patut kita teladani dari sosok Elvin Blucher Sinaga adalah perjuangannya untuk ikut mewujudkan visi dan misi negara dengan penciptaan clean and good government, dan selalu berkarya sebagai manusia Indonesia yang memiliki rasa cinta tanah air dan takut akan Tuhan.

Sumber:

www.dpr.go.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s