Ir. Leonard Tambunan, MCM


Ir. Leonard Tambunan, MCMIr Leonard Tambunan

Menciptakan Mata Air Bagi Banyak Orang

 Bermental entrepreneur bagi seorang arsitek ternyata membawa berkah tersendiri bagi Leonard Tambunan. Sejak lulus pascasarjana arsitektur dari Inggris, Leonard memutuskan menjadi entrepreneur. Dia kemudian mendirikan PT Mata Air Persada berdiri tahun 2001. Awalnya sebenarnya Aek Mual Persada yang dalam bahasa Batak sama artinya.

Sejak mendirikan perusahaan di bidang arsitek itu, dia mengarahkan seluruh timnya di perusahaan untuk selalu berusaha meningkatkan nilai tambah terhadap rancangan, mutu, manajemen kecepatan. “Kita menjaga trust. Semuanya dilakukan dengan sangat hati-hati, dan bertahap mulai dari proses konsep hingga konstruksi selesai. Saya kira, itu merupakan alasan mengapa klien-klien Mata Air cenderung kembali meminta kami yang menangani proyek-proyek lainnya,” ujarnya.

Kini perusahaannya makin melebarkan sayap, bukan lagi hanya PT Mata Air Persada yang melayani rancang dan bangun, arsitektur dan Interior. Juga telah lahir PT Mata Reality yang mengurusi developer dan property Investor pengembang-investor properti. “Kini kita mulai diperhitungkan di dunia property hingga ke kacah internasional melalui karya arsitektur yang kita bangun.”

Dari kantornya di Citylofts Sudirman lantai 8, Jalan KH Mas Mansyur, Jakarta Pusat Leonard mengelola dan memimpin usahanya. Bersama timnya berkarya mendirikan banyak bangunan bernilai, seni arsitektur tinggi dengan proses yang cepat dan berkualitas dengan cara professional.

Apa triknya? Sederhana saja, lewat hubungan persahabatan dengan klien, karyawan, mitra kerja, dan berpegang pada prinsipnya melayani dengan jujur dan tulus. Lalu, berusaha menghasilkan lebih dari yang diharapkan. “Terus membuat nilai tambah terhadap produk dan pelayanan, melipatgandakan kekayaan perusahaan, demi pengembangan perusahaan, kesejahteraan karyawan, dan keluarga.”

Dipuji menteri perumahan

Telah banyak desainnya dipuji. Di Pandeglang, Tulung Agung, Menteng, Jakarta, Dago Pakar, Bandung. Satu diantaranya rumah mantan Menteri Perumahan Rakyat Cosmas Batubara mengatakan Mata Air sangat baik. Hal ini dibuktikan ketika Mata Air melakukan desain dan pembangunan rumah Cosmas di daerah Menteng. Sebagai arsitek merancang tata letak profesional sesuai kebutuhan, dengan sirkulasi udara yang baik dan pencahayaan alami, bahwa kita merasa indah.

“Gaya arsitektur dan detail yang sangat indah dilakukan, menghormati sekitarnya. Saya melihat apa yang mereka lalukan itu sangat bagus, saya berterima kasih atas kerja tim Mata Air yang sangat professional dalam membangun rumah. Karena itu, kami merekomendasikan Mata Air sebagai sangat kompeten,” kata Cosmas.

Cosmas menambahkan, harga tidak bisa menipu, ungkapan ini sangat tepat dalam sektor jasa konstruksi. Bagi kebanyakan orang, proses untuk membuat rumah idaman menghabiskan banyak waktu, dan juga biaya, agar apa yang dibangun sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Karena itu, mendapatkan bantuan dari para profesional di bidang ini adalah investasi yang baik, karena merekalah yang akan bekerja keras mewujudkan rumah impian anda. Design adalah seni yang membuat hidup anda berbeda dan membuat investasi anda bernilai.

Arsitek sebagai designer akan membuat design yang dibuat khusus sesuai dengan kebutuhan dan keinginan klien. Manajemen yang baik membuat segalanya tercapai tepat waktu. Konstruksi adalah karya banyak tangan, sehingga dibutuhkan manajemen yang baik untuk memastikan semua pihak melakukan bagiannya dengan baik. Karena itu dalam proses design dan konstruksi, para profesional dengan kemampuan design dan manajemen yang baik akan menghasilkan produk yang berkualitas. Kualitas adalah segalanya bagi Mata Air.

Dengan pengalaman merancang dan membangun rumah-rumah mewah selama lebih dari satu dekade, Mata Air sudah menguasai selera, kebutuhan, idealisme dari kalangan tersebut, termasuk yang berkaitan dengan aspek legal-formal perizinan, sehingga proses pembangunannya dapat berjalan mulus.

Mata Air akan membantu dan menemani klien dari tahap awal sampai tahap akhir, dengan pemilihan bahan-bahan berkualitas dan pelayanan yang profesional. Bahkan bukan hanya itu, mereka bisa merubah wajah dunia.

Go Green

Konsep yang diterapkan Leonard di perusahaan juga harus Go Green. Walau dia mengakui tidak mudah untuk mewujudkannya. Apalagi selama ini konsep Go Green terbatas di perumahan elit. Leonard mengakuinya menerpakan konsep seperti ini memang tidaklah murah, tetapi harus. Modal yang dikeluarkan harus besar, dan langsung berdampak pada harga rumah.

Selain itu, mengambil bagian dari gerakan global Perduli Lingkungan, Mata Air juga turut mempertimbangkan dampak terhadap lingkungan di setiap pengembangan kawasan baru. Oleh karena itu, dalam memasuki tahun-tahun mendatang, dengan terus meningkatkan kompetensi dan kerja keras seluruh tim, kami optimis pertumbuhan di divisi properti ini akan terus meningkat seiring dengan pengembangan proyek-proyek baru, berupa gedung perkantoran, apartemen, perumahan, ruko, dan lain-lain.

“Dengan penuh rasa syukur kami sampaikan bahwa Mata Air melalui bisnis propertinya, telah mendirikan bermacam properti hasil investasinya,” ujar Leonard. “Kami juga didukung oleh SDM yang berkualitas, PT Mata Air Realty dalam mengembangkan setiap proyek akan terus memastikan bahwa semua produk yang akan dikembangkan mempunyai segmen market yang jelas, sehingga unit-unit yang dipasarkan dapat mudah terserap pasar dalam waktu yang relatif cepat.”

Bukan hanya itu, Mata Air juga menawarkan jasa desain interior untuk rumah tinggal, apartemen, retail dan perkantoran, termasuk pemilihan furniture sampai kelengkapan tata suara, cahaya dan automation system. Hampir di semua proyek rumah tinggal yang dikerjakan, Mata Air turut dipercayakan untuk merancang dan mengerjakan interiornya.

Leonard yakin dengan kemampuan kami di berbagai aspek seperti: pemasaran penjualan properti, penyewaan, keahlian dalam perancangan arsitektur dan interior, pengetahuan teknik, terutama keahlian dalam investasi keuangan properti dan manajemen properti.

Apa yang membuat Leonard hebat? Pertama, keahlian mendapatkan prime properti. Keahlian menilai harga properti. Selain itu juga ada keahlian bernegosiasi dengan penjual. “Kemampuan dalam perencanaan properti, akhirnya pembangunan yang bermutu. Keahlian mendapatkan pembiayaan. Keahlian mengelola keuangan properti. Keahlian menjual properti. Keahlian dalam memelihara property,” ujarnya.

Hotman J Lumban Gaol

4 thoughts on “Ir. Leonard Tambunan, MCM

  1. Sebagai Silahi sabungan, aku Sangat bangga melihat sosok abang ini, terdidik dan berani. terlihat dari bangunan/ propertynya yg tersebar di jakarta. Banyak dimenteng ya Bang?.
    Saya yakin Abang ini akan sukses dengan Mata Air nya.
    Sukses.

  2. Saatnya orang Batak banyak jadi pengusaha, seperti Abang Leonard Tambunan ini. Dari pada berebut kekuasaan di pemerintahan menjadi pengusaha lebih bisa berkarya untuk bangsa ini. Aku doakan sukses dengan Arsiteknya bang.. syallomm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s