Drs. Sanggam Hutagalung. MM


Biodata;

Drs. Sanggam Hutagalung. MM

Lahir di Tarutung, 26 Pebruari 1958

Keluarga;

Istri: Prof. Dr. Prihatin Lumbanraja, SE, M.Si

Anak/Menantu:

1. Immanuel B. P. Hutagalung / Elisabeth N. Br Ambarita, SH

2. Arga J. P. Hutagalung, SH / Melysa Y. N. Br. Lumbantobing, SH

3. Naomi Karina Br Hutagalung Riwayat

Orangtua;

Ayah: Oliver S. P. Hutagalung (Alm.)

Ibu: Dermawan Br. Sitompul (Alm.)

Pengalaman Jabatan:

1. Tahun 1986 : Pelaksana Kepala Seksi IPEDA pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah,

2. Tahun 1987 : Kepala Seksi IPEDA pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah (Eselon IV B),

3. Tahun 1989 : Kepala Bagian Umum pada Setwilda Tk. Kabupaten Tapanuli Tengah (Eselon IV A), 4. Tahun 1991 : Kepala Bagian Perekonomian pada Setwilda Tk. II Kabupaten Tapanuli Tengah (Eselon IV A),

5. Tahun 1992 : Kepala Dinas Pendapatan Tk. II Setwilda Tk. II Kabupaten Tapanuli Tengah (Eselon III B),

6. Tahun 2001 : Ketua BAPPEDA Kabupaten Tapanuli Tengah (Eselon III A),

7. Tahun 2002 : Sekretaris BAPPEDA Kabupaten Tapanuli Tengah (Eselon III A), dan Tahun 2002 : Kepala BAPPEDA Kabupaten Tapanuli Utara (Eselon II B),

8. Tahun 2004 : Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara (Eselon II A),

9. Bulan Juli 2012 : Staf pada Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara.

Matang Pengalaman, Teruji Reputasi

SanggamMenjelang pemilihan kepala daerah di Kabupaten Tapanuli Utara periode 2014-2019, suasana makin menghangat. Pemilukada yang akan digelar September nanti amat ditunggu-tunggu masyarakat Tapanuli Utara, juga masyarakat perantau asal kabupaten yang dulunya karasidenan ini. Salah satu pasangan calon yang diprediksi meraut suara paling banyak adalah pasangan-mantan Sekretasi Daerah Tapanuli Utara, Sanggam-Sahat, lengkapnya Drs. Sanggam Hutagalung. MM berpasangan dengan Sahat Sinaga, SH., MKn. (Sekretaris Jenderal DPP Partai Damai Sejahtera-mantan Ketua Umum Gerakan Muda Kristen Indonesia [GAMK]), disingkat SAHATA, diartikan bersatu. Bersatu membangun kampung halaman. Akan hal itu, Ketua Tim Sukses Sanggam Hutagalung-Sahat Sinaga, Dorgis Hutagalung optismis meraup suara terbanyak. “Kami optimis memperoleh suara terbanyak,” ujarnya. SAHATA dengan motto Kubangun Desaku, Kubangun Bonapasogitku.

Siapakah Sanggam Hutagalung? Pria kelahiran Tarutung, 26 Pebruari 1958 adalah mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara.  Atas pencalonannya menjadi calon bupati Tapanuli Utara dinilai amat sangat layak. Dia dianggap memiliki reputasi, jejak rekam yang jelas sebagai calon pemimpin daerah di Tapanuli Utara, dipasangkan dengan calon wakil bupati Tapanuli Utara, Sahat Sinaga, seorang yang muda, dekat dengan kalangan gereja.

Reputasi Sanggam, baik semasa menjabat Sekdakab Tapanuli Utara, maupun semasa mengabdi di Tapanuli Tengah terekam jelas berprestasi. Ketua Punguan si-Raja Hutagalung se-Kabupaten Tapanuli Utara memulai karier dari bawah. Tahun 1986, sebagai Pelaksana Kepala Seksi IPEDA pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah, hingga Tahun 2004-2012 sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara (Eselon II A). Da teralhir Bulan Juli 2012: Staf pada Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara.

Sebagai pejabat di daerah dimulainya sebagai pejabat Kepala Dinas Kadis Pendapatan Tapanuli Tengah, selanjutnya dipercaya sebagai Kepala Bappeda Tapteng. Selama lima tahun menjabat, berbagai program pembangunan hasil buah pikiran dan tangan dingin berhasil meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) secara signifikan kala itu.

Masih ketika di Tapanuli Tengah, Sanggam dikenal sosok yang selalu terbuka bagi semua golongan dan generasi, baik tua maupun muda. Selain dekat dengan kaum tua, Sanggam juga dikenal dekat dengan kaum muda. Dia selalu menyediakan wadah bagi kaula muda berdialog. Salah satu contoh, saat Sanggam sebagai Ketua Perguruan Olahraga Karate di Tapteng. Di mana semasa itu banyak atlet karate asal Tapanuli Tengah yang berprestasi di tingkat provinsi dan nasional.

Atas hal ini, banyak anak-anak muda asal Tapanuli Utara datang ke Tapanuli Tengah untuk mengikuti berbagai even. Baik itu di bidang olahraga, hiburan dan lainnya. Dia juga dikenal dekat dengan semua kalangan. Baik kalangan petani, komunitas marga-marga, kalangan pemuda bahkan lembaga-lembaga pendidikan dang lembaga-lembaga keagamaan. Dia seorang visoner yang memandang jau ke depan. Berpikir untuk kemajuan ke depan. Ditempa birokrat pemerintahan, maka dalam perencanaannya, misalnya di sektor pertanian, Sanggam selalu rela meluangkan waktu mendengar apa-apa yang dikeluhkan petani. Bagaimana solusi dan jalan keluarnya selalu rela dia diskusikan.

Artinya, kemampuannya dalam membangun Tapanuli Utara ke depan, khususnya pada sektor pertanian tidak diragukan. Di tangan dinginnya semasa menjabat Sekdakab, iklim pemerintahan daerah itu pun berjalan dengan baik, walau kepala daerahnya saat itu bukanlah seorang birokrat.

Cakap menampilkan diri, tidak kaku, mampu menempatkan diri. Selalu adatif terhadap keinginan masyarakat. Suami dari Prof Dr Prihatin boru Lumbanraja SE MSi tidak diragukan lagi bisa memimpin Tapanuli Utara ke depan. Banyak pendapat masyarakat  yang menyebut dialah yang pantas dan layak untuk menjadi Bupati Tapanuli Utara. Dia meniti tangga dari bawah, dan telah berhasil meniti karir mulai dari titik terendah hingga menjadi seorang abdi negara yang handal, terpercaya dan berkualitas, itu mengartikan jejak rekamnya jelas.

Selain memiliki reputasi yang baik, Sanggam juga dikenal punya kemampuan dalam membina komunikasi yang baik dengan masyarakat. Serta sikap komunikatifnya hingga kepada pejabat pejabat tinggi, serta memiliki koneksi yang baik dengan relasi relasi yang bisa diajak untuk membangun Tapanuli Utara. Sanggam dikenal sebagai sosok yang rendah hati. Dia selalu siap mendengar apa yang dibutuhkan warganya. Tipe pemimpin yang dibutuhkan di daerah memang pemimpin yang punya hati dan rela mendengar seluruh keluahan warga, bukan tipy yang ABS. Walau hanya seorang warga sipil biasa, Sanggam selalu rela mau mendengar pendapat warga.

Selain itu, sebagi calon pemimpin Sanggam telah mengenal medan, mengenal seluk beluk daerah Tapanuli Utara dan persoalan ketertinggalan pembangunan daerah Tapanuli Utara. Lahir dan mengabdi di daerahnya itulah cita-citanya. Tak heran pandangan masyarakat yang menilai Sanggam teruji dan terbukti mampu merupakan kemampuan yang dibekali ilmu pendidikan dan pengalaman di birokrasi, pantas jadi bupati.

Pasangan ini berharap masyarakat dalam menentukan pilihannya pada pasangan Sanggam Hutagalung-Sahat Sinaga. Melihat dengan mata hati dan hati nurani. Sebab Tapanuli Utara membutuhkan pemimpin yang benar-benar matang pengalaman dan teruji, seperti kedua pasangan ini. Matang pengalaman dan teruji direputasinya. Telah terbukti di papan pengalaman pengembaraan kerja kepemimpinannya. Pasangan ini matang dalam reputasi, cukup pengalaman langsung yang sudah teruji waktu. Selamat memilih.***Hotman J. Lumban Gaol

BERITA:

Harapkan Pemimpin Berintegritas Membangun Bona Pasogit

Tarutung, (Analisa). Ingin melahirkan para pemimpin berintegritas dan kapabilitas teruji, delapan bakal calon pemimpin Kabupaten Tapanuli Utara yang namanya telah mencuat ke permukaan beradu argumen menyampaikan program pembangunan pada dialog terbuka digelar Yayasan Pomparan Guru Mangaloksa (YPGM), Senin (25/6) kemarin di Wisma Evi Roida Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara.

Para kandidat ‘Bona Pasogit 1’ itu silih berganti menyampaikan visi misinya, masing-masing Drs Mauliate Simorangkir MSi, Ir Sanggam Hutapea MM, Drs Sanggam Hutagalung MM, David Hutabarat ST, Drs Pinondang Simanjuntak, Ratna Ester Lumbantobing SH MM, Drs Burhanuddin Rajaguguk dan Refer Harianja SH.

Dialog terbuka YPGM melibatkan panelis dari berbagai disiplin ilmu, diantaranya Drs Simon Lumbantobing, Drs Cokky Hutagalung,  Ir Bistok Hutabarat,  Kolonel (P) Tumpal Simorangkir dan moderator Djonggi Simorangkir SH MH.

Sementara bersama para peserta dialog, Ketua Umum Yayasan Pomparan Guru Mangaloksa (YPGM) Irjen (P) Bigman Lumbantobing SH, Drs Tuani Lumbantobing, MSi, Sekretaris YPGM Maruarang P Lumbantobing SH, Bendahara YPGM Freddy Lumbantobing serta para perantau dari Sumut dan Jakarta tergabung dalam wadah YPGM tampak serius mencerna satu demi satu paparan para Balon Bupati/Wabup Taput tersebut.

“Ide penyelenggaraan dialog ini tentu didorong  keinginan bersama. Terutama, para perantau untuk melahirkan pemimpin berintegritas dan kapabilitas yang teruji. Tentu perantau juga sangat berkepentingan, karena apapun namanya, dalam prespektif membangun Bona Pasogit dibutuhkan sinergitas dengan pemerintah daerah yang berwawasan, visoner dan bijak dalam pengambilan suatu keputusan,” sebut Tuani Lumbantobing kepada Analisa disela kegiatan.

Dijelaskan, penyelenggara dialog diserahkan kepada elemen masyarakat yang peduli, serta melibatkan generasi muda Bona Pasogit serta mahasiswa. “Ternyata mereka mampu, kita pun bangga dengan kerja keras panitia,” imbuh Tuani.

Penggagas konsep “Tapanuli Growth” di Kabupaten Tapanuli Tengah ini juga menyatakan, calon pemimpin harus berani tampil mengutarakan suatu program, langkah serta pemahaman terhadap permasalahan yang terjadi saat ini di tengah kehidupan sosial, ekonomi dan pembangunan masyarakat, khususnya di Tapanuli Utara. “Masyarakat juga sudah semakin jeli dan maju dalam berdemokrasi. Dan ini merupakan terobosan baru dalam era demokrasi di Tapanuli,” sebutnya.

Pada sesi awal dialog, dimulai pemaparan dari tim YPGM tentang beberapa kondisi dan potensi Kabupaten Tapanuli Utara saat ini, sekaligus bagaimana balon Bupati/Wabup Tapanuli Utara untuk mengatasi dan mengembangkannya. Di sesi kedua, penyampaian program dari masing-masing bakal calon Bupati/Wakil Bupati  seiring sesi tanya jawab yang melibatkan audiens.

Bahas Pembangunan

Beberapa point pokok pembahasan mencakup pembangunan karakter building, pembangunan pariwisata, ekonomi kawasan dan hinterland, optimalan pemanfaatan air tawar dan kondisi suplai air tawar, MDG’s, bidang kesehatan dan pendidikan. Pertanian, penanganan lahan kritis, kehutanan, optimalisasi pertambangan.

Peserta dialog terdiri  masyarakat dari 15 kecamatan yang ada di Tapanuli Utara, tokoh-tokoh masyarakat dan agama, pemuda, mahasiswa, seniman,  penggiat ( ekonomi, social, lingkungan dan budaya), tokoh pendidik, pelaku pendidikan  dan lain-lain.

Dialog terbuka yang digagas YPGM berlangsung seharian, sedikitnya dihadiri 500-an audiens secara selektif diundang panitia. Namun, beberapa bakal calon lainnya tidak berhadir, di antaranya Margan Sibarani, Tiur Kalima Purba, Banjir Simanjuntak, Bangkit Silaban, Nikson Nababan, Binur Tampubolon, Torang Lumbantobing, dan Marojahan Situmeang.

“Undangan telah kita sampaikan. Namun sangat disayangkan, saat dikonfirmasi, muncul berbagai alasan, ada urusan mendadak. Tapi syukurlah, kegiatan positif ini berjalan lancar dan sukses demi melahirkan pemimpin Taput yang berdedikasi tinggi dalam pembangunan nantinya,” harap Opputua Lumbantobing.

Kehadiran ke delapan kandidat, kata dia, sudah memberikan petunjuk kepada masyarakat Tapanuli Utara dalam memilih pemimpinnya. “Tapi alangkah baiknya, jika semua kandidat dapat berdialog dan menjawab, sehingga masyarakat tak lagi ‘meraba’ pada saat memilih pemimpin baru,” tukasnya.

Dialog berlangsung secara fair dan sportif, dengan ketentuan rambu-rambu yang lebih dulu ditentukan panitia terhadap balon Bupati/Wabup maupun peserta dialog. ”Tidak ada intervensi atau semacam desain yang sengaja diarahkan terhadap salah satu calon kandidat. Kita berusaha memberikan porsi yang sama terhadap para balon pemimpin tersebut,” timpal panitia penyelenggara, Jan Piter Simorangkir  sambil menyatakan, dialog terbuka YPGM itu disiarkan secara langsung (live) di salah satu radio swasta di Tarutung, sehingga dapat didengarkan warga Taput lainnya. (yan/can)

Sumber:

http://analisadaily.com/news/2013/27281/harapkan-pemimpin-berintegritas-membangun-bona-pasogit/?year=2013&id=27281&title=harapkan-pemimpin-berintegritas-membangun-bona-pasogit

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s