Novita Dewi Marpaung


Novita Dewi x-FactorNama: lahir Novita Dewi Marpaung
Nama lain:  Dewi Marpaung, Dewi Marfa
Lahir 15 November 1978
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Genre Pop, gospel
Pekerjaan Penyanyi
Instrumen Vokal

Label Sony Music Indonesia

Novita Dewi Marpaung (lahir di Jakarta, Indonesia, 15 November 1978) adalah seorang penyanyi berkebangsaan Indonesia. Perempuan yang akrab disapa Dewi ini merupakan putri dari Jack Marpaung, seorang penyanyi legendaris di kancah musik rock Batak. Dewi sudah menunjukan bakat di dunia tarik suara sejak kecil dan sering mengikuti berbagai kompetisi bernyanyi hingga dijuluki “macan festival”. Dewi sempat meraih juara dua pada ajang Cipta Pesona Bintang, Weekly Champion (juara mingguan) Asia Bagus, serta juara pertama Suara Remaja Vinolia RCTI. Prestasi tertinggi Dewi diraihnya saat menjadi juara pertama dalam Astana Song Festival 2005 di Kazakhstan.

Meskpun berjaya di jalur festival, karier Dewi di industri rekaman tidak berjalan dengan mulus. Pada tahun 2008, ia baru berkesempatan merilis album pop pertamanya berjudul Sweet Heart dengan memakai nama Dewi Marfa. Namun, album tersebut tidak berhasil di pasaran akibat promosi yang sangat terbatas. Dewi kemudian lebih banyak berkarier di industri rekaman Batak dan musik rohani. Pada tahun 2010, Dewi bergabung dengan label Nagaswara dan merilis singel berjudul “Jejak Luka”.
Dewi kembali tampil di kompetisi musik dengan mengikuti X Factor Indonesia musim perdana. Keikutsertaannya di ajang ini adalah untuk memenuhi keinginan almarhum adiknya. Ia bergabung pada kategori Over 26 (penyanyi 26 tahun ke atas) yang dimentori oleh Bebi Romeo. Sebelumnya, pada tahun 2011, Dewi sempat behasil lolos dalam audisi The X Factor versi Amerika, namun kemudian terhenti akibat social security. Dewi dikenal sebagai kontestan dengan karakter suara serak khas dan teknik vokal yang sangat matang. Setelah dinobatkan sebagai juara kedua di ajang tersebut, Dewi mendapat kontrak rekaman dari Sony Music Indonesia selama lima tahun.
Album solo
Sweet Heart (2008)
Singel dan penampilan lain
Putus Sikkolah (2008)
Duet Spectakuler 1 (2008)
Hati Sbagai Hamba (single) (2009)
Mujizat Itu Nyata (single)(2009)
Mary’s Boy Child (single) (2010)
Melangkah Pasti (2010) (satu lagu feat. Jonathan Prawira “impianku menjadi nyata)
Duet Spectakuler 2 (2011)
Togu Tondiku (single feat Bunthora Situmorang) (2011)
Tobatak (bersama Viky Sianipar) (2012)
Sampai Habis Air Mataku (2013)
X Factor Indonesia

Dewi mengikuti audisi X Factor Indonesia di kota Jakarta, dengan menyanyikan lagu “If I Were A Boy”. Ia bercerita tentang motivasinya untuk mengikuti kontes bernyanyi itu atas keinginan almarhum adik laki-lakinya. Keikutsertaan Dewi dalam ajang ini sempat dikritik oleh beberapa pihak karena ia sudah menjadi penyanyi profesional dan pernah merilis album sebelumnya. Namun, kemudian pihak X Factor Indonesia menegaskan bahwa kompetisi tersebut terbuka untuk semua orang, baik penyanyi amatir ataupun yang sudah pernah rekaman, dengan syarat tidak sedang terikat kontrak. Beberapa pemenang The X Factor mancanegara, seperti Tate Stevens (Amerika, musim kedua) dan Samantha Jade (Australia, musim keempat), juga pernah rekaman dan masuk tangga lagu nasional sebelum ikut kompetisi. Selama kompetesi berlangsung, ia merupakan kontestan yang paling sering mendapat standing ovation dari para juri. Dewi dinobatkan sebagai juara kedua X Factor Indonesia, setelah persaingan SMS yang ketat diungguli oleh Fatin Shidqia.
Sumber: Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s