Pirmian Tua Dalam Sihombing


papiPirmian Tua Dalam Sihombing, yang dalam / komunitasnya lebih dikenal dengan n ama Pe t e d e, lahir di tongan-dalan (tengah jalan) kawasan Pahae, Tapanuli Utara, pada tanggal 26 Februari 1936, dari pasangan orangtuanya, Pendeta Albert Sihombing-Lumbantoruan dan Orem bom Hutabarat, ketika orangtuanya itu sedang dalam perjalanan mcnuju rumah sakit bersalin di Tarutung. la menikah dengan Mintha Vluhon Parotua Boru Hutabarat dan beroleh anugerah empat putri dan satu putra, yakni Tridecy, Ikatri, Ingrid, Octavianus dan Maritez, beserta tujuh orang cucu.
.
Selepas dari S.R.di Muara, dekat Bakkara, pendidikan formalnya diteruskan pada SMP/B HKBP di Seminari-Sipoholon, tamat tahun 1953; lalu SMEA Negeri di Jakarta (1957). Dia mendapat gelar Sarjana Muda Pendidikan-Ekonomi dari FKIP Universitas Padjadjaran (1961) dan Sarjana Pendidikan-Ekonomi dari FKIP-U.I. (1964). Terakhir ia menggondol gelar M.Sc. in Commerce (major in Banking & Finance) pada Institute of Graduate Studies, Far Eastern University, Manila (1972).
.
Pendidikan non-formalnya cukup beragam, baik di luar maupun di dalam negeri. Di antara puluhan workshop dan training bergengsi yang pernah diikutinya, antara lain adalah Management Executive Course (1972) dan Management Development Program (1973), kedua-duanya di Manila. Kemudian Orientation to the U.S. Industry (1982) dan Manager of Research and Analysis Course (1985), di Amerika Serikat; serta Market Research & Analysis Workshop di Hong Kong (1994); ketiga program tcrakhir diselenggarakan oleh The International Trade Administration, U.S. Department of Commerce.
.
Karirnya berwarna-warni; menapaki beberapa jalur yang dapat dikatakan ber-jauhan satu sama lain. Mengikuti jejak ayah dan ketiga orang abangnya, ia mulai bekerja sebagai guru pada Kursus Dagang Pertengahan (KDP) Negeri di Bandung (1957-1961). Menjadi kepala sekolah pada Kursus Karyawan Pertengahan (KKP) Negeri, Jakarta (1962-1964). Kemudian alih-lapangan kerja menjadi planter, Asisten Tingkat-I, naik mcnjadi Deputy Manager pada perkebunan Rambung Sialang dan Turangie, Perusahaan Perkebunan Negara (PPN) “Dwikora I” di Sumatra (1964-1969). Mclakukan alih-lapangan kerja lagi, menjadi staf-lokal (Asisten Atase Penerangan dan Kebudayaan) KBRI Manila (1970-1972).
.
Beralih lapangan kerja untuk ketiga kalinya, ia menjadi Staff-Consultant pada Sycip Gorres-Velayo (SGV) Philippines (1972-1973); kembali ke tanahair unluk menjadi Senior Consultant pada PT. SGV-Utomo, Jakarta (1973-1980). Dalam bidang profesi ini ia mendalami dan mendisain sistem dan prosedur adiministrasi keuangan bagi banyak organisasi dan perusahaan. Terakhir setelah lagi-lagi beralih lapangan kerja, ia menjadi Manager of Research and Analysis (MRA) pada U.S. Business Center di Jakarta, dari 1980 sampai mendapat hak pensiun-penuh pada tahun 1998.
.
Pengabdiannya yang bersifat paroh-waktu ialah mengajar pada beberapa lembaga pendidikan tinggi, seperti Instruktur luar-biasa pada Sekolah Calon Perwira (Secapa) Infantri, Pusat Pendidikan Infantri, Bandung pada Angkatan ke-IV dan V, 1959-1961; Akademi Arsitektur Pertamanan (AKAP), Akademi Maritim Indonesia (AMI) dan Akademi Sekretaris & Manajemen Indonesia (ASMI) di Jakarta (1963-1964). Kemudian sebagai Visiting Lecturer pada Asian Center, University of the Philippines, Quezon City, Pilipina, 1971-1972; dan dosen senior yang membimbing ratusan mahasiswanya mempersiapkan skripsi, pada Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Indonesia, Jakarta, 1979-1990.
.
Pengabdiannya di lingkungan Gereja dimulai dari keanggotaan Board of Elders (penatua) pada Grace Lutheran Church, Pasay City, Pilipina (1970-1973). Kemudian dia menjadi sintua (penatua) HKBP Kebayoran Lama dari 1978-2001; di antaranya sclama 15 tahun (1987-2001) melayani sebagai guru-jemaatnya. Menjadi sinodist tetap resort itu, 1984-1992, sampaikemudianterpilihjadi anggota Majelis Pusat HKBP pada periode 1992-1998. Dalam kapasitasnya sebagai anggota Majelis Pusat, ia mendapat tugas pelayanan sebagai Ketua Dewan Keuangan Umum (DKU) HKBP pada periode itu, merangkap Pembina (Paniroi) Dewan Zending. Sejak tahun 2001 ia turut mengabdi sebagai dosen senior pada STT Apostolos, dalam mata-kuliah Manajemen Gereja dan Misi. .
.
Kegiatan menulis sudah sangat menarik minatnya sejak muda, antara lain menulis puisi, cerpen dan esei. Beberapa artikelnya yang bersifat human interest dan budaya, antara lain dimuat dalam Harian Sinar Indonesia Baru, Sinar Harapan, Majalah Bona Ni Pinasa, dan beberapa lainnya. Pelayanannyayang cukup lama di Ladang Tuhan, sepertinya membuat tu!is-menulis di bidang gerejani juga menjadi “profesinya” yang kedua. Di antara banyak tulisannya adalah dua makalah komprehensif berjudul The Balak People Before the Coming of Christianity dan The Development ofBatak “Lutheran Church “, yang disampaikannya sendiri kepada para peserta Sinode Tahunan Lutheran Pastors of the Philippines (LCP) pada tanggal 4 dan 5 Mei 1973 di Baguio City, Pilipina.

Dia adalah penulis-utama untuk “Bunga Rampai” pengenangan kepada salah seorang tokoh kontemporer dalam sejarah HKBP, berjudul Pelayanan Kontemporer Dalam Masyarakat Majemuk; Pengabdian Ephorus Emeritus Ds. Dr. Tunggul Sihombing. Buku lain yang ditulisnya adalah Bertumbuh Dalam Kasih Karunia Kristus. la menulis puluhan ceramah/makalah dalam bidang pembinaan pemuda Gereja serta adiminstrasi keuangan-Gereja. Salah satu di antara banyak tulisannya adalah yang bersifat “gagas-terobosan” berjudul Sentralisasi Penggajian Pelayan Tetap HKBP, dengan usulan pembentukan Dana Abadi HKBP. Makalah itu disajikan pada Musyawarah Sintua HKBP Seluruh Indonesia (1995) dan Musyawarah Pendeta HKBP Seluruh Indonesia (1996), kedua-duanya terselenggara di Jakarta. Makalah ini kemudian dimuat sebagai tulisan bersambung dalam Immanuel, majalah bulanan HKBP.

Sejatinya dia bukan seorang yang berlatar-belakang pendidikan persejarahan. Namun pengalamannya yang panjang dan luas, dan keberadaannya di tengah-tengah keluarga-besar para pelayan Tuhan yang sudah mengabdi sejak masa keperintisan, sangat memancing minatnya, dan telah mengisi pengetahuan dan cakrawalanya yang luas tentang missiologi, baik di dalam negeri maupun di seantero jagat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s