Alfred Simanjuntak


Alfred SimanjuntakDR. Alfred Simanjuntak lahir pada tanggal 8 September 1920 di Parlombuan, Sumatera Utara.  Dikenal luas oleh masyarakat melalui lagu ciptaannya yang berjudul Bangun Pemudi Pemuda. Dia menerima pendidikandi Rijksuniversiteit Utrecht, Leidse Universiteit, Leiden, Stedelijke Universiteit, Amsterdam, Belanda tahun 1954-1956. Selama enam tahun ia bersekolah di Hollands Inlandsche Kweekschool, Surakarta, pada tahun 1935, ketika itu usianya sekitar 15 tahun. Tahun 1950, Alfred melanjutkan pendidikan ke Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Dia juga salah satu penggagas dan pendiri Yamuger (1967) dan membantu memulai Pesparani (Festival Paduan SuaraGerejani) pada tahun 1985. Memiliki pengalaman sebagai guru dan menjabat juga dalam bidangkomunikasi dan penerbitan.

DR. Alfred Simanjuntak menerima pendidikan di Rijksuniversiteit Utrecht, Leidse Universiteit, Leiden, Stedelijke Universiteit, Amsterdam, Belanda tahun 1954-1956. Beliau salah satu penggagas dan pendiri Yayasan Musik Gereja (1967) dan membantu memulai Pesparani (Festival Paduan Suara Gerejani) pada tahun 1985. Sejak tahun 1934 sampai sekarang telah menulis puluhan lagu anak-anak, lagu rohani, lagu-lagu paduan suara, serta lagu nasional, dan pernah menjadi konduktur istana atas saran R. Sudjasmin.
A. Simanjutak juga menciptakan lagu Saudaraku Berpulang Dulu, dan beliau berteman dengan Liberty Manik (yang menciptakan Satu Nusa Satu Bangsa) dan Cornelis Simanjuntak (yang melahirkan Pada Pahlawan), sehingga ciri khas lagu yang mereka ciptakan sama.***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s