Agus Rihat P. Manalu, SH


Profil:

AgusNama Lengkap: Agus Rihat P. Manalu

Tempat/ Tanggal Lahir: Bulak Kapal, Bekasi Timur, Bekasi, 11 Agustus 1979.

 Pendidikan

  • Sekolah Dasar dari SD Negeri Duren 02 Bekasi Timur.
  • Sekolah Menegah Pertama (SMP) ST M Monica Bekasi Timur.
  • SMU Negeri 4 Bekasi, Kota Bekasi.
  • Sarjana Hukum (S1) dari Fakutas Hukum Universitas Lampung (Unila).
  • Magister Hukum (S2) dari Fakutas Hukum Universitas Krisnadwipayana (Unkris).

Alamat Kantor:
JL. H.M. Djoyomartono No.20 Bekasi Timur, Bekasi, Jawa Barat
Telp: 021 – 9259 7948 FAX. 021 – 881 0387
E-Mail: lbhkasihindonesia@yahoo.com

Masih muda, tetapi beberapa perjuangannya telah dicatat sejumlah kalangan. Itu tak lain, karena perjuangannya membela hak rakyat. Salah perjuangannya bersama tim, adalah pernah menggugat Komisi Pemilihan Umum (KPU). Mereka menggugat mewakili kelas kelompok masyarakat di sejumlah provinsi. Agus dan tim mengajukan gugatan class action terhadap KPU, pada Pemilu 5 April 2004 lalu. “Jelas kita menggugat karena banyak anggota masyarakat di seluruh Indonesia yang tidak bisa menggunakan hak pilih mereka pada, hak politik mereka diabaikan,” ujarnya.

Ternyata, gugatan yang dilayangkan Agus bersama tim menang. Gugatan yang ditujukan kepada Ketua KPU Nazaruddin Sjamsuddin, dikabulkan Pengadilan Negeri Jakarta. Dalam gugatan class action, Agus sebagai penggugat minta agar majelis hakim menyatakan KPU telah melakukan perbuatan melawan hukum. “Gugatan kita diterima, kita menang, tetapi sampai saat ini kita tidak tahu lagi, ujungnya bagaimana. Kasus ini entah bagaimana rimbanya sekarang, tidak jelas,” kenangnya “Tetapi paling tidak, kami sudah melakukan perjuangan untuk rakyat.”

Cita-citanya memperjuangkan keadilan bagi masyarakatnya. Walau masih muda, Agus sudah banyak makan asam garam dunia pergerakan, sejak mahasiswa hingga kemudian terjun menjadi pengacara, pun banyak hal yang telah dilakukan, tentang pendampingan masyarakat terhadap kepastian hukum. Tidak takut membela rakyat tertindas. Lalu siapa sebenarnya anak muda yang punya cita-cita mulia ini? Nama lengkapnya, Agus Rihat P Manalu disingkat ARPM, lahir di Bulak Kapal, Bekasi Timur pada 11 Agustus 1979.

Agus belia mengenyam pendidikan Sekolah Dasar Ngeri di SDN Jaladha Pura Bekasi Timur, SDN Duren 02 Bekasi Timur. Lalu,  dilanjutkan sekolah menengah pertama (SMP) di St. M. Monica Bekasi Timur, dan selanjutnya menyelesaikan sekolah menengah umum (SMU) di SMU Negeri 4 Bekasi. Sejak kecil talentanya sudah terlihat dari kesukaan berbicaran dan membela orang tertindas. Agus lalu melanjutkan sarjana hokum ke Fakultas Hukum Universitas Lampung (UNILA). Waktu mahasiwa dia aktivis mahasiswa  tahun 1998. Diantaranya aktif pada Dewan Mahasiswa Universitas Lampung (DEMA-UNILA) dan Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND). Di kemudian hari setelah makin banyak bergelut di dunia hukum, memperdalam Ilmu Hukum dengan mengikuti pendidikan S2 Magister Hukum di Fakultas Hukum Universitas Krisnadwipayana, Pondok Gede, Jakarta Timur.

Setelah menyandang Sarjana Hukum Agus mengikuti Pendidikan Advokat pada Lemdiklat Advokat IKADIN (2003) dan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) PERADI. Tahun 2005, melakukan pembelaan publik dan Advokasi bagi masyarakat yang termarjinalkan/miskin melalui Komite Advokasi Gerakan Rakyat (TEGAR) dan juga tergabung pada Serikat Pengacara Rakyat (SPR). Tahun tahun 2004 hingga tahun 2005 menjabat Direktur pada Lembaga Bantuan Hukum Konsumen (LBH-Konsumen) di Jakarta. Tahun 2008, akhirnya membawanya mendirikan Kantor Hukum ARPM & Co.

Sekarang, dia aktif memberikan penyuluhan hukum, mengadvokasi para masyarakat yang sepantasnya dibantu secara hukum dengan gratis, katanya. “Saya seorang pengacara, ingin memberikan bantuan hukum bagi masyarakat yang tidak mampu. Karena bagi saya melihat masih banyak perlakukan hukum yang tidak sepantasnya diterima oleh masyarakat kalangan bawah.”

Agus sudah mendedikasikan dirinya untuk mengabdi pada masyarakat dengan keahlian di bidang hukum yang dimilikinya; yaitu dengan memberikan konsultasi dan bantuan hukum secara cuma-cuma kepada masyarakat miskin. Termasuk bagi mereka yang tidak mampu, yang terjerat permasalahan hukum dan menjadi korban ketidakadilan. Bahkan, sejak tahun 2009 Agus bersama rekan-rekannya mendirikan Lembaga Bantuan Hukum Kasih Indonesia (LBH KASIH) dan kemudian menjabat Ketua Pos Bantuan Hukum (POSBAKUM) pada Pengadilan Negeri Bekasi Periode 2010-2012 sebagai bentuk pengabdiannya pada masyarakat Kota Bekasi.

Wakil Ketua DPC Hanura Kota Bekasi dan Ketua DPC Gerakan Muda HANURA (GEMA HANURA) Kota Bekasi ini merasa perjuangannya belum maksimal, atas hal itu, dia ingin lebih maksimal mendedikasikan hidupnya pada masyarakat. Kini dia maju menjadi calon legislatif. “Harus berani. Kini waktunya saya mau mendedikasikan hidup saya untuk membantu masyarakat, untuk membawa penerangan tentang hukum. Karena itu saya maju menjadi Caleg DPRD Kota Bekasi Daerah Pemilihan Bekasi, dari Bekasi Timur nomor urut lima dari Partai HANURA,” terangnya.

Mottonya maju menjadi Caleg adalah “maju dengan hati, berdiri dengan nurani.” Dengan visi untuk masyarakat Bekasi Timur untuk mendapatkan kedamaian, kesejahteraan, keadilan dan hak yang sama di hadapan hukum. Seturut dengan hal itu, maju menjadi Caleg dengan misi kelak bisa mengoptimalkan kinerja DPRD Kota dalam Fungsi Legislasi, Fungsi. “Fungsi Pengawasan dan Fungsi Budgeting untuk menghasilkan kebijakan yang pro-rakyat. Juga memberikan bantuan hukum cuma-cuma, gratis bagi masyarakat Kota Bekasi yang tidak mampu khususnya masyarakat Bekasi Timur,” ujarnya lagi.

Komitmen saya, jika saya terpilih nanti bisa mensejahterakan masyarakat Bekasi Timur melalui pengusulan kebijakan yang berisikan hak–hak yang seharusnya didapat, dan adanya kontrol terhadap kebijakan tersebut agar efektif, termasuk memperjuangkan kemajemukan. “Kita harus memperjuangkan pluralisme, bukan hanya gereja yang ditutup baru kita bereaksi. Bahkan banyak rumah ibadah saudara sepupu kita ditutup, kita harus bela,” ujar Sekretaris Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Kota Bekasi, ini.

  • Hotman J. Lumban Gaol
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s