Afriyani Silitonga


Franky-1Perempuan muda beprestasi ini, punya komitmen untuk memperjuangkan kesejahteraan rakyat, itulah yang menjadi cita-cita Afriyani Silitonga terjun ke politik. Afriyani awalnya seorang entreprenur, sebagai pemilik rumah lulur Frangipani. Tetapi tetap aktif dalam gerakan pemuda gereja. Dia juga aktif bersama Bekasi Youth Ministry melakukan pelayanan. Termasuk aktif beribadah mendukung GKI Yasmin dan HKBP Filadelpia di Depan Istana Presiden. Sebelum menikah hingga kini, dia juga aktif menjadi pelatih koor. Sekarang ini, sudah 9 tahun, pelatih koor Naposobulung di HKBP Setia Mekar, Bekasi, Jawa Barat.

Perempuan kelahiran 24 April 1979. Menikah dengan Frenki Tampubolon S.Si Teol, MM dan diberi karunia 1 orang putra Divo Aurelius yang kini berusia 6 tahun.  Berlatar belakang pendidikan Sarjana Bahasa Perancis, dan beberapa pelatihan nonformal nasional dan internasional dalam meningkatkan profesionalisme kerja, Public Relation, Marketing dan Etos Kerja.

Telah berkarya lebih dari 10 tahun di bidang Personal Asisstant, Marketing dan Komunikasi di beberapa Industri Multinasional and Internasional.Meniti karir di mulai dari seorang staff Marketing hingga diberada diposisi Marketing dan Communication Manager karena memiliki dedikasi dan tingkat kejujuran yang tinggi. Peningkatan jenjang karir ini pun didukung oleh kemampuan bahasa asing yang aktif yaitu Bahasa Inggris dan Perancis.

Disela-sela kesibukan pekerjaannya, dia secara sukarela membantu kegiatan-kegiatan sosial masyarakat dalam pertemuan internasional. Menjadi moderator maupun pembawa acara. Salah satunya adalah menjadi pembawa acara dalam memperingati 50 tahun konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan oleh ICRP (Indonesia Conference in Religion and Peace) bekerja sama dengan Kementrian Luar Negeri dihadiri oleh perwakilan negara-negara Asia dan Afrika penutur bahasa Perancis.

Afriyani memiliki musikalitas tinggi. Sejak kecil dia rajin mengikuti kelompok musik dan paduan suara baik di sekolah  maupun di komunitas Gereja. Ketika bersekolah di SDN Duren 07 – Perumnas 3 dia aktif sebagai penabuh kendang dan Sinden untuk group kesenian karawitan di sekolah tersebut. Dan selama di bangku SMA penghargaan di bidang tarik suara kerap diperoleh agar mendapatkan beasiswa penuh dari sekolah. Berlanjut di bangku kuliah Jurusan Bahasa Perancis Universitas Negeri Jakarta beliau aktif dalam kelompok tari tradisional yang tergabung dalam organisasi mahasiswa ketika itu. Karena itu juga dia seringkali diundang untuk mempersembahkan tarian-tarian tradisional Betawi, Sunda dan Aceh dalam jamuan internasional di beberapa kedutaan Asing di Jakarta.

franky-2Saat ini, Afriyani Silitonga aktif sebagai pengurus inti BIPARTIT diperusahaan tempatnya bekerja sebuah perusahaan Logistic joint venture Indonesia dan Swedia yang berpusat di Dubai, UAE. Sebagai pengurus harian yang harus selalu siap menampung segala keluhan karyawan dan pengusaha dalam menangani permasalahan perusahaan. Berkat pengetahuan berkomunikasi dan memiliki etos kerja yang baik, dia wajib menjadi jembatan bagi kedua pihak dalam mencari “win win solution” dan menjadi motivator bagi rekan-rekan sekerja maupun teman-temannya yang lain agar memiliki etos kerja yang baik sesuai dengan norma-norma sesuai tradisi dan budaya Indonesia.

Berkat dorongan dan restu dari suami tercinta yang selama ini aktif memperjuangkan kemajemukan, keadilan sosial dan toleransi melalui lembaga sosial masyarakat, serta pengembangan karakter pemuda di Tanah Air, Afriyani Silitonga menerima pinangan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk memenangkan kursi legislatif di DPRD KOTA Bekasi dari Daerah Pemilihan I Kecamatan Bekasi Timur yang melingkupi 4 kelurahan yaitu Bekasi Jaya, Duren Jaya, Aren Jaya dan Margahayu.

Mengap terjun menjadi politisi? “Saya terjun menjadi politisi, karena ingin memperjuangkan aspirasi kaum muda dan perempuan. Selama ini, saya melihat tidak banyak orang yang konsen di bidang ini. Saya juga berkomitmen memperjuangkan kemajemukan di Kota Bekasi Kota Patriot terwujud. Tentu melalui restu dari orangtua maka peluang untuk membangun pemuda yang memiliki karakter unggul, beretika, memiliki semangat belajar tinggi, berbudaya dan berjiwa patriot akan diwujudkan di Kota Bekasi,” ujarnya.

franky-3Bagi saya, tambahnya, panggilan untuk membangun masyarakat Kota Bekasi, kota yang telah memberikan 30 tahun lebih pijakan hidup menghantar pada kesimpulan saatnya Kota Bekasi Hebat. Ya, Hebat dalam segala hal terutama menjunjung tinggi Patriotisme Pancasila.

Saat ini, dia bersama suami aktif dalam sebuah organisasi sosial masyarakat bernama Komunitas Berbagi Hidup. Mereka bentuk sejak tahun 2007 sampai saat ini. Organisasi ini fokus dalam memperjuangkan hak-hak perempuan, anak-anak dan pemuda terutama memperjuangkan stigma dan diskriminasi bagi mereka-mereka yang terpapar HIV-AIDS.

franky-4Pengalamannya mengikuti diskusi dan pelatihan internasional di beberapa negara-negara maju di Asia, Australia dan Eropa menjadi bekal kecintaannya atas Tanah Air Indonesia yang sebenarnya memiliki potensi yang lebih baik dan lebih kaya jika dikelola dengan cerdas, beretika dan mendahulukan kepentingan umum dengan semangat pada semangat kaum perempuan yang kuat untuk mencetak kaum muda yang unggul dimulai dari rumah tangga, komunitas RT,RW, Kelurahan, Kecamatan hingga Kota Bekasi demi  mewujudkan Indonesia Hebat. “Jika saya terpilih nanti menjadi wakil rakyat di Kota Bekasi. Saya berkomitmen. Saya akan memperjuangkan kemajemukan bangsa. Fokus saya pada pemuda dan perempuan,” ujarnya mantab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s