Hojot Marluga


 

Arti nama Hojot Marluga:
Apalah arti sebuah nama, kata William Shakespeare. Nama, nyatanya mempunyai peranan yang amat besar, tak hanya soal identitas. Saya terinpirasi membaca banyak buku profil tokoh-tokoh yang tak menggunakan nama aslinya, kemudian membawa berkah bagi pemiliknya. Misalnya saja, nama Soekarno dilahirkan dengan nama asli bernama Koesno Sosrodihardjo. Mohammad Hatta nama aslinya Mohammad Athar. Sutan Ibrahim, nama terkenal dari Tan Malaka. Yapi Panda Abdiel Tambayong penulis terkenal itu dikenal dengan nama pena Remy Sylado. Dewi Lestari Simangunsong yang membumikan namanya, Dee. Dan sebagian besar artis atau pesohor tak menggunakan asli. Jadi jelas, makna sebuah nama sebagai penulis, bukan mistis apalagi magis. Tetapi indentitas yang membawa harapan.

Hojot Marluga nama penulis, seorang wartawan yang menulis puluhan buku. Kini menfokuskan diri mengelola penerbit. Lelaki kelahiran Desa Matiti, Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang-Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara, pada tahun 1978. Sesungguhnya nama pemberian orangtua adalah Hotman Lumban Gaol. Di umur 18 tahun dibaptis selam dan diberi nama Jonathan, dalam bahasa Ibrani disebut yehonatan atau yonatan, artinya Yahweh yang memberikan, atau Allah telah mengaruniakan.
Lalu, mengapa menjadi Hojot Marluga? Hojot Marluga dipersingkat dari gabungan nama HOtman JOnaThan, menjadi HOJOT.

Sedangkan MARLUGA, dipendekkan dari marganya, MARbun LUmban GAol. Marbun sendiri group marga Batak, punya tiga anak; Lumban Batu, Banjar Nahor dan Lumban Gaol. Dalam bahasa Batak Hojot atau Hojok kerja diartikan tergesa-gesa, bergegas, bersegera. Dalam kata kerja lain sering dipakai manghojot, bertindak segera mungkin. Atau panghojot, orang yang bertindak terlalu buru-buru. Lebih tepat lagi bisa diartikan cepat bergerak atau gerak cepat, sehaluan dengan dengungan revolusi mental. Kata Hojot juga sama dengan Hatop dalam bahasa Batak; cepat, bersegera, kencang. Ada lagi bahasa Batak humatop, lebih cepat.

Sementara arti kata Marluga berasal dari kata dasar luga. Dalam kata kerja marluga diartikan mendayung, mengayuh, bergerak. Bisa juga diartikan parluga, pendayung, pengayuh; mangalugai, mangalugahon, mendayungkan. Arti lain adalah pekerjaan, pendapatan, penghasilan. Kerap ada ungkapan “ndang adong lugana,” dalam bahasa Batak diartikan, tak mempunyai tenaga untuk bekerja secara teratur; mangalugai, mencari nafkah hidup; mangalugahon, mengerjakan sesuatu dengan rajin, antusias.

Jadi, Hojot Marluga hanya nama pena yang mengartikan “cepat bergerak.” Dalam dunia sastra nama pena diakui. Kalau dulu nama pena dipakai barangkali untuk nama samaran untuk melindungi penulis dari bahaya yang ditimbulkan oleh tulisan-tulisannya. Dan sejumlah alasan yang berkaitan dengan pemasaran atau presentasi estetika dari karya yang terkait. Bukan untuk menyamarkan diri, tetapi dibalik nama itu terpampang arti dan harapan.


Situs ini masih penuh kekurangan, dan masih dalam pengembangan terus-menerus, maka sangat membutuhkan uluran tangan, bantuan data-data profil untuk situs ini dari semua pihak. Karena itu, saya memohon bantuan siapa saja yang tergerak hatinya untuk membantu. Saya berharap satu saat nanti situs ini bisa makin baik. Karena itu, saya sangat membutuhkan uluran tangan orang Batak yang peduli Ensiklopedia Tokoh Batak ini makin baik. Atas bantuan dan uluran tangannya saya ucapkan terimakasih.


Seminar Bersertifikat:
 Seminar Kepemimpinan: Latihan Dasar Tingkat Kepemimpinan dalam Program Pengembangan Mental dan Kepribadian dari PT CNI, Jakarta, 2 Juli 2002.
 Seminar Bisnis: Orientasi Pengusaha Bisnis Jasa (OPBJ) dari PT Usahajaya Ficooprasional, Jakarta, 11 September 2004.
 Seminar Uang: Uang dan Masalahnya, dari River of Joy Ministry, di Gedung Yayasan Kasih Bersaudara Lantai I, Jakarta, Sabtu 16 Oktober 2004.
 Seminar Nasional: Dampak Komersialisasi Pendidikan di Indonesia. Pembicara; Prof. Dr. H.A.R Tilaar & Drs. Kwik Kian Gie. Penyelenggara Institut Bisnis dan Informatika Indonesia (IBII), Jakarta, 30 Agustus 2007.
 Seminar Blogging: Multimedia Blogging. Penyelenggara INAICTA 2008 & Departemen Komunikasi dan Informasi, Jakarta, 7 Agustus 2008.
 Seminar Etos: Etos Pro Gaji. Penyelenggara Institut Pengembangan Etos Kerja dan Produktivitas Indonesia (Ipekprindo), di Ballroom Puri Sriwijaya Twin Plaza, Jakarta, 27 Januari 2010.
 Seminar Kesehatan: Tumbuh Kembang Kesehatan Anak Usia Dini di Kalangan Jemaat. Penyelenggara Persekutuan Pelayanan Kristen untuk Kesehatan di Indonesia (Pelkesi), di Hotel Bintang Griyawisata, Jakarta, 17 Februari 2011.
 Seminar Kesehatan: Kesehatan Reproduksi di Tempat Kerja Dalam Rangka Mendukung MDG’s 2015. Penyelenggara Direktorat Bina Kesehatan Kerja dan Olahraga Direktur Jenderal Bina Gizi dan Kia Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, di Hotel Bidakara, Jakarta, 1 Maret 2011.
 Seminar Keluarga: Pendidikan Kecakapan Keorangtuaan. Penyelenggara HKBP Perumnas 2 Bekasi, Bekasi, 28 Juli 2012.
 Seminar Digital: Impactrul Storytelling. Pembicara, Angeline Koh (Direktur Digital Storytelling Asia). Penyelenggara STT Rahmat Emmanuel & Yayasan Busur Emas, Jakarta 18-20 Januari 2013.
 Seminar Kepemimpinan: Pengembangan Pemimpin Rohani dengan Potensi Tinggi. Pembicara Pdt Dr. Yakob Tomatala. Penyelenggara STT Jaffray Jakarta dan YT Leadership Foundation, Jakarta, 9 Februari 2013.
 Seminar Kepemimpinan: Pemimpin Rohani dengan Visi yang Teguh. Pembicara Pdt Dr. Yakob Tomatala. Penyelenggara STT Jaffray Jakarta dan YT Leadership Foundation, Jakarta, 9 Maret 2013.
 Seminar Kepemimpinan: “Pemimpin Rohani dengan Jiwa Entrepreneur” Pembicara: Pdt Dr.Yakob Tomatala. Penyelenggara STT Jaffray dan YT Leadership Foundation, Jakarta, 6 Mei 2013.

Dia juga pengelola webblog ETOS HABATAHON di http://budayabatak.wordpress.com & Ensiklopedia Tokoh Batak di

https://tokohbatak.wordpress.com.

www.kompasiana.com/hotman

http://hkbprawalumbu.wordpress.com/

Dia bisa dikontak melalui:

Handphone: 081316518619

E_mail: astephen.hojotmarluga@gmail.com

atau: hojotmarluga78@gmail.com.

Twitter: @HojotMarluga2

Facebook: Hojot Marluga.

BERITA:

Budayawan sekaligus penulis handal masing – masing Saut Poltak Tambunan,  Suhunan Situmorang, Jansen Sinamo, Idris Pasaribu, Jannerson Girsang, Hotman J Lumban Gaol (Hojot Marluga), Thomson Hutasoit, JP Sitanggang dan lainnya. Kalau Sitor Situmorang dan Parakitri Simbolon sudah tidak perlu diragukan lagi.

Sumber:

http://www.poskotanews.com/2012/06/19/demban-saribu-untuk-halakita/

51 thoughts on “Hojot Marluga

  1. Horas Appara…
    asa songon namantap dibaen appara ma
    100 orang terkaya orang batak atau 100 terpopuler

    kami tunggu ya appara

    tks GBU
    Robin Sihotang

  2. judulnya adalah tokoh BATAK- Batak itu terdiri dari toba-tapanuli-mandailing-Pak2-gayo-alas -angkola-karo-simalungun.
    jadi mengapa tokoh2 yg dimuat hanya didominasi toba dan tapanuli saja?

  3. Horas, appara. Saya setuju kalau dalam site ini diulas mengenai profil tokoh batak yang terkenal. Dan kalau bisa ada organisasinya terkhusus untuk Toga Naipospos.

  4. Horas apara, dalam pengembangan marga batak sangatlah bagus dan dapat menjadikan bangsa batak yang mandiri dan bertanggung jawab. tapi klo bisa saya sarankan apara, mudah – mudahan di marga naipospos lebih dimajukan dan dikembangkan agar marga kita lebih maju di setiap tempat dan kegiatannya di masing – masing individu. saya harap apara bisa terpilih dan memajukan kita bangsa batak demi terwujudnya cita – cita bangsa batak. mauliate

  5. lanjutkan abanganda……..semoga sukses dan bisa membantu generasi muda batak lainnya dalam segala bidang sesuai dengan keahliannya masing-masing dan siapa lagi saling bantu kalau bukan kita lae……….! Horas –
    Tuhan memberkati…………….!!!!!!

  6. Sy membuka web site bapak di kabarindonesia.com, inging membaca artikel mengenai Tuanku Rao tetapi tidak ada. Saya pernah membaca buku Pokki Nangolngolan alias Tuanku Rao, sebagian besar nama-nama tempat di buku tsb sy tahu (masa kecil sy di Pahae Sarulla), di buku tersebut memang dikatakan bahwa Pokki Nangolngolan adalah keturunan Sisingamangaraja nama Pokki Nangolngolan adalah pemberian ibunya ketika dibuang ke daerah Aceh Tenggara karena perkawinan incest. Kalau berkenan mohon dikirim ke email saya. Dan saya juga pernah mendengar bahwa tidak semua Sisingamangaraja I s/d XII itu marga Sinambela, apa ya ?

  7. Salut Lae untuk ulasannya tentang tokoh Batak yg hebat, biar lah ini menjadi dorongan untuk generasi muda Batak untuk maju……

  8. Bagus dan sangat bagus mencamtumkan tokoh2 orang batak masa dulu dan masa kini, tapi yang paling penting tokoh orang batak untuk masa depan untuk melanjutkan cita2 dari tokoh2 terdahulu horas .. ensiklopedia tokoh orang batak Tuhan Memberkati…..

  9. Muda, cerdas, kreatif dan ulet, itulah ungkapan yang pas untuk menggambarkan sdrku HOtman JOnaThan MARbun LUmban GAol (HOJOT MARLUGA). Kecerdasan dan Keuletan anda membuat blog ini dan mamanagenya secara professional serta mendedikasikannya utk publik patut diapresiasi. Dng upaya brilian, anda telah turut mempromosikan etnis kita, dan menempatkan reputasinya secara tepat sebagai Sosok warga bangsa, yang smart, tegas, lugas, gigih bukan sebaliknya seperti stigma yang sering digambarkan orang lain dgn hanya melihat kasus orang batak di terminal atau di pasar-pasar tradisional.
    Indonesia masa depan perlu mengenali lebih baik karakter multi etnis bangsa ini dan kemudian menemu kenali manajemen konfliknya untuk merajut Indonesia yang sinergis. Jadi luar biasa tugas kita sebagai negarawan muda untuk dapat menjadi icon kemajuan Ind dan bahkan ikut mewarnai peradaban dunia sebagaimana dicontohkan para tokoh yang anda muat mini biografinya dalam blog ini. sekali lagi,anda sangat luar biasa, dan salam hangat kami buat anda dan kel. Doa tulus kami mengiringi langkah sukses dan hidup bermakna sdrku. ( Penulis buku Rahasia Sukses Para Juara, dan Yuk Jadi Pengusaha -Peta Jalan menjadi Pengusaha Sukses serta pemimpin Redaksi Majalah CSR Review.

    • Salam hangat amang.

      Terimakasih amang pujiannya, tetapi terlalu berlebihan. Apa yang aku buat tidak ada apa2 dibandingan orang lain. Aku bangga sebagai orang Batak, itu saja amang. Horas ma.

  10. horas appara…..
    salam kenal….
    luar biasa untuk setiap tulisan yang ada di blog ini….
    tetaplah berkarya, sukses dan Tuhan Memberkati….

    • @Rigson : orang yang berkarya akan terkenal dengan karyanya, sementara orang yang mengamati hanya akan salut dengan pengamatannya dan tak ikut terkenal. Berkaryalah……..

  11. Seiring pesatnya perkembangan website, kami berharap web ini bisa menjadi “Market Leader” sebagai pusat info yang mengulas tokoh dan pemimpin Batak bagi masyarakat luas, pembaca dan pengunjung.
    Horas..

  12. Saya adalah jemaat di HKBP di Jakarta. Amang coba dulu di ulas soal pernikahan di HKBP. Apakah bisa menikah dengan seorang wanita yang sudah bercerai (janda) yang bukan karena kematian.? Soalnya belum lama ini di Pdt. Gereja HKBP Cijantung jakarta menikahkan seorang jemaatnya dengan wanita yang sudah bercerai. Boleh dikatakan pengantin laki-laki ini seorang yang berkuasa di lingkungan HKBP tersebut. Terimakasih

  13. KEPADA PARA PEMBELI ATAU PENGGEMAR VCD PERDANA TRIO VOLUME 4 , KAMI MOHON SEBELUM MEMBELI VCD PERDANA TRIO VOLUME 4 , AGAR TIDAK MENGECEWAKAN PEMBELI , MOHON SAAT MEMBELI TOLONG PERIKSA DI DISK VCD NYA YAITU DI BAWAH FOTO PERDANA TRIO TERTULIS NOMOR SENSOR HARUS NOMOR : 6012/VCD/R/PA/11.2017/2012 DAN DIDALAM ISI VIDEO DISK PERTAMA AKAN MUNCUN GAMBAR SANG PENCIPTA LAGU SUDIARTO TAMPUBOLON , DAN WARNA COVER CERAH DAN FOTO TERLIHAT BERWARNA CERAH DAN DIBELAKANG COVER VCD ADA TANDA GAMBAR BINTANG DIKIRI DAN KANAN DI TULISAN * THE BEST OF THE BEST * DAN MASIH BANYAK TANDA RAHASIA YANG KAMI BUAT TAPI TIDAK BISA KAMI BERITAHUKAN KEPADA PARA PEMBELI KARENA MENGANTISIPASI UNTUK PEMBAJAKAN JADI KALAU ANDA TIDAK MENEMUKAN TANDA YANG SEPERTI KAMI BERITAHUKAN , ANDA DAPAT MENGHUBUNGI KAMI KE 081286827008 DENGAN MEMBERITAHUKAN ALAMAT DISTRIBUTOR ATAU PEDAGANG VCD TSB DEMIKIAN HARAP DIMAKLUMI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s