Berita Tokoh


Judul: SIKAP ANTUSIAS: Saat Kesulitan Menyengat, Bertahanlah!

Penulis Buku : Hojot Marluga

Halaman: 358 + xlii

Ukuran: 14 x 21 cm

Penerbit: Halibutongan

ISBN: 978-602-17484-4-2

Cetakan: Perdana, Mei 2015

Harga: Rp. 70.000 (belum termasuk biaya pengiriman)

Rachel

Buku SIKAP ANTUSIAS: Saat Kesulitan Menyengat, Bertahanlah! Baru saja terbit. Sekilas tentang buku, agar memudahkan pembaca memahami seluruh rangkain tulisan ini. Maka secara keseluruhan buku ini dibuat tujuh bagian ditambah bagian tambahan, bincang-bincang. Bagian pertama Lapisan Pertama berpesan untuk mengajak umat Tuhan tetap teguh dalam iman. Bahwa, sebesar apapun gelombang kehidupan, kita bisa berselancar di atasnya. Asal kita mau mengandalkan Tuhan. Berbeda dengan dunia, tidak akan mematikan iman kita. Justru melawan arus menunjukkan iman. Lalu di bagian kedua, tajuk Lapisan Kedua yang di dalamnya ajakan untuk mengasihi Tuhan. Intinya, mengasihi Tuhan harus berbanding lurus mengasihi sesama. Sementara di bagian ketiga, Lapisan Ketiga isinya menjabarkan titik simpul. Titik mana persatuan itu dibangun. Selama ini perbedaan membuat kita bermusuhan. Bagaimana hidup dalam kebhinekaan, itu dijabarkan di bagian ini.

Selanjutnya, bagian kempat Lapisan Keempat ajakan untuk pembaca memiliki iman yang benar. Agar pembaca tetap mengenakan kesabaran dalam hidup keseharian. Ajakan menjadi manusia baru yang kehendak dan perkataan memuliakan Kristus. Pesannya, Alkitab, mestinya menjadi inspirasi. Bila seseorang ingin berurat-berakar hidup dan menghidupi firman Tuhan. Di Lapisan Kelima penulis ingin menjelaskan, apa itu salib dalam Kristen. Memikul salib, jujur saja, itu yang seringkali dihindari anak-anak Tuhan. Menjadi Kristen Sejati itu bukan perkara mudah. Sebagaimana Rasul Paulus mengajak berlari pada tujuan kita pada Kristus. Ibarat berlari tetapi memikul beban, salib. Mau-tidak-mau harus mengimani salib, meneguhkan pengikut Kristus berjalan dengan iman. Iman ditempa ibarat menempa emas di perapian. Emas tetap emas walau di mana pun diletakkan. Bagian keenam: Lapisan Keenam menarasikan kenyataan seputar gereja dan problemnya. Gereja, sedari dulu didesak oleh tekanan dari luar. Namun, menurut penulis pengkroposan gereja juga patut diwaspadai dari dalam gereja itu sendiri. Fenomena sekarang ini orang bangga menyebut diri ateis. Merasa tidak perlu lagi Tuhan, karena bagi mereka ada tuhan dalam diri mereka. Bukan ateis tulen, tetapi mempertuhankan diri. Hidup glamour. Hidup hedonis. Anti sosial. Banyak orang menyebut dirinya Kristen, tetapi tidak menunjukkan sikap

Kristen. Bagian Lapisan Ketujuh mengajak untuk antusias, bersikap antusias menjalankan hari-hari hidup kita. Buku ini terbitkan sendiri penulisnya, dan juga dijual sendiri. Saat ini belum bisa dijual di toko buku. Buku ini relatif murah hanya ditawakan penganti uang cetak seharga 70 ribu per exemplar. Memang belum termasuk biaya pengiriman. Karena itu, bila Anda tertarik mengarungi, menyibak apa isi keseluruhan buku, Anda mau membeli buku tersebut. Anda bisa mengontak saya (Hojot Marluga) di handphone: 081316518619. E_mail: hojotmarluga78@gmail.com. Twitter: @HojotMarluga2. Atau Facebook: Hojot Marluga. Salam!

 

KATA SAMBUTAN

S.A.E. Nababan LLD(hd)

Saya menyambut penerbitan buku Sikap Antusias, Saat Kesulitan Menyengat, Bertahanlah! Yang ditulisoleh saudara Hojot Marluga ini. Sebagai kumpulan renungan yang ditulis tiap minggu. Maka setiap bagian dalam buku ini merupakan kesatuan tersendiri yang perlu direnungkan. Memang ada satu dua yang saling berhubungan, namun pada hakikatnya buku yang dapat dipergunakan tiap hari dan tiap saat. Artinya ini bukanlah buku yang diharapkan perlu dibaca dari awal sampai akhir, sekaligus dalam beberapa hari. Bahkan kapan saja setiap pembaca akan terbantu memilih bagian sesuai dengan judul yang diinginkan untuk direnungkan.

Mengambil waktu diam memikirkan dan mempertimbangkan sesuatu di tengah zaman yang sangat cepat perkembangannya dan sangat sibuk, menulis apa yang dipergumulkan, dan sekarang membagi hasil pergumulan dan renungan ini dengan banyak orang, adalah sesuatu perbuatan yang baik dan berguna. Sebab ancaman terbesar di tengah zaman yang cepat berubah-ubah adalah ketidaksempatan untuk merenungkan apa yang dialami setiap hari, sehingga gampang larut dalam kebiasaan atau hanyut terbawa arus kemajuan. Saya harap tujuan penulis “mengajak merenung dan memikirkan ayat-ayat suci yang diaktualisasikan pada pada konteks dan kondisi sekarang” akan berbuah.

Akhirnya, saya mengucapkan terimakasih kepada saudara Hojot Marluga atas terbitnya buku ini. Sebagai seorang yang berkesempatan belajar teologia dan tidak memilih menjadi pendeta yang ditahbiskan dan berkhotbah dari mimbar gereja, melainkan berkhotbah lewat tulisan, saudara Hojot Marluga telah memberikan teladan yang baik. Teladan bukan karena saudara dia sebagai pengkhotbah tidak menjadi tanggungan dan beban bagi gereja, melainkan karena renungan ini saya pahami sebagai hasil pergumulanrangkap secara pribadi, yaitu sekaligus mempergumulkan firman Tuhan di tengah konteks dan kondisi sekarang.

Bagi mereka yang ingin mengetahui, mengapa judul Sikap ANTUSIAS ini dipilih, saya sarankan memulai membaca Lapisan Ketujuh. Terkadang memulai dari akhir akan lebih gampang memahami yang awal. Selamat merenungkan.

Soritua Nababan

(Ephorus em DR (hc) DR. S.A.E Nababan LLD (hd)

 

Endorsement

COVER BUKU ANTUSIAS

“….Hojot Marluga memahami lebih substantif terhadap ajaran Kristus, yang mengedepankan esensi dari iman, yaitu sikap antusias….”

(Pdt. Gomar Gultom, MTh-Sekretaris Umum PGI)

“…Berani menerbitkan buku tebal di tengah kenyataan situasi ketidaksukaan masyarakat membaca. Saya yakin keberanian itu dia peroleh dari Tuhan Sumber Kekuatan yaitu Tuhan Yesus Kristus….”

(Pdt. Mori AP Sihombing, MTh-Sekretaris Jenderal HKBP)

“….Buat saya, antusiasme adalah sikap utama dan terutama untuk menjalani hidup yang berhasil. Sebagaimana didengungkan Hojot dalam bukunya ini….”

(Jansen Sinamo-Guru Etos Indonesia)

“….Buku ini juga menjadi hadiah yang bermanfaat kepada teman atau saudara kita yang menginginkan suatu pencerahan dalam khasanah kerohaniannya.”

(Pdt. Bakti J Situmorang-Penggiat Paradoxical Truth)

“….buku Sikap Antusias yang Anda genggam ini. Usahanya mengkontekstualkan ayat-ayat Alkitab ke dalam hidup nyata warga dan masyarakat, yang digariskan sebagai bahan renungan….”

(Eliakim Sitorus-Aktivis Lingkungan Hidup)

“…..Tanpa buku, dunia tidak akan pernah tercerahkan. Atas dasar itulah, saya menyambut baik terbitnya buku ini. Karena selain memperkaya referensi renungan ibadah, buku ini pasti akan ‘memprovokasi’ muncul-nya buku yang lain. Inilah kekuatan lain dari sebuah buku….”

(Rekson Silaban-Tokoh Buruh)

“….Isinya memang bernuansa spiritual, namun sesungguhnya relevan dengan pelbagai aspek kehidupan yang kita jalani setiap hari. Karena itu buku ini layak dibaca oleh siapa saja….”

(Dr.Victor Silaen-Dosen FISIP UPH & Ketua Pengurus Yakoma PGI)

“….menjadi Kristen sejati sekaligus Kristen yang tidak ingin duduk di menara gading, tetapi berbaur dengan orang lain, tanpa menghilangkan jati dirinya. Buku ini diharapkan membawa pencerahan untuk itu. Dan menjadi pijakan, dalam merenungkan firman Tuhan…”

(Ir. Leo Nababan-Politisi Senior)

“….buku ini penting ada untuk mengasuh jiwa sebagaimana ajakan penulis agar pembaca tetap bersikap antusias. Bahkan, kala kesulitan ada ajakannya agar tetap tegar. Sikap antusias, sikap untuk mau berguna bagi kemuliaan-Nya.”

(Ir. Douglas Manurung, M.BA-Entreprenur-Direktur PT. Godang Tua Jaya)

“….Saya yakin buku ini membawa manfaat (dan menarik) untuk dicermati. Maju terus dan tetap antusias Hotman.”

(Dolorosa Sinaga-Perupa Pematung, Dosen dan Ketua Senat Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta)

“….dalam bahasa teologinya, Sitz in Leben atau konteks riilnya kini, tentu sangat cocok untuk dibaca oleh setiap orang yang berusaha dan berupaya secara kreatif dalam merajut dan memelihara serta mempertahankan imannya kepada Sang Juruselamat….”

(Pdt. Banner Siburian, MTh-Praeses HKBP Distrik XXVII Kalimantan Timur-Selatan)

“….Perenungan praktikal dengan bahasa yang “mendarat” membuat buku ini pas menjadi bacaan perenungan jemaat. Pilihan judul untuk tiap tulisan mempermudah jemaat menapak tilas ke-iman-an mereka, sekaligus bercermin dalam kehidupan ini.

(Pdt. Bigman Sirait-Pendiri Tabloid REFORMATA)

“….buku ini mengajak pembaca memahami dan menalar Firman Tuhan. Hotman penulis buku ini, sebagai bagian tim kerja saya mengenal antusiasmenya. Ajakan dalam buku ini untuk tetap bersikap Antusias. Sudah tentu buku ini saya sambut dengan tangan terbuka.”

(Jhon SE Panggabean, SH. MH- Advokat/Pengacara & Ketua Umum Masyarakat Peduli Penegakan Hukum Indonesia [MAPPHI])

“….Sebab menulis dan bicara itu lain soal. Bicara bisa hilang ditelan waktu, sementara menulis lebih sulit ditelan waktu. Karena itu, saya menyambut buku ini dengansuka cita.”

(Pdt. Manarias Sinaga, MTh-Praeses HKBP-XIX Bekasi)

“….Rasul Paulus mengatakan, “jangan padamkan Roh” (1Tes 5 : 19). Roh memberi sikap antusias dalam pelayanan dan pekabaran injil, serta memampukan orang percaya melewati rintangan, menghadapi segala penderitaan dan cobaan….”

(Pdt. JAU Doloksaribu, M.Mim-Mantan Praeses HKBP & Pendeta HKBP Maranatha Rawalumbu).

“….Buku ini akan termasuk yang saya sarankan dibaca keluarga, kawan, dan siapa saja yang tertarik merenungkan sisi kerohanian dan keinginan memperluas pemahaman atas ajaran maupun teologia Kristen….”

(Suhunan M. Situmorang, sehari-hari praktisi hukum spesialis korporasi, pembicara/trainer hukum untuk profesional bisnis, penulis Novel)

“….Saya sangat respek pada seseorang yang menulis buku, terlebih lae Hojot Marluga, dia sangat menghayati, panggilan sucinya sebagai seorang jurnalis dalam menulis. Ternyata, sebagai seorang sarjana teologia nalurinya untuk berkhotbah, tetap kuat. Hanya dia sadar, panggilannya bukan naik ke atas mimbar, namun lebih nyaman duduk di bawah sebagai seorang jemaat biasa, yang mengkhotbahkan kembali, apa yang dia dengar, lihat, alami dalam bentuk tulisan.

(Saor Siagian, Advokat-Pengacara/ Pengacara HKBP Filadelfia dan HKBP Ciketing, Bekasi Timur)

“….Buku Sikap Antusias berisi hal-hal yang sangat prinsip bagaimana kita bertahan dan menang dalam menjalani tantangan hidup. Buku ini tidak saja memuat dasar-dasar teologis tetapi juga contoh-contoh praktis sehingga mudah dipahami dan dipraktikkan, karena itu kami rekomendasikan buku ini baik untuk para pengkhotbah maupun jemaat, Anda pasti akan diberkati….”

(Pdt.Dr.Japarlin Marbun-Ketua Umum BPH Gereja Bethel Indonesia)

“….Sudah tentu harapan kita buku ini bermanfaat untuk yang membacanya, terutama umat Kristen, khusus untuk jemaat HKBP….”

(St. Prof. Dr. Payaman Simanjuntak-mantan Dirjen Binapenta Depnaketrans)

“….Siapa yang pantas disebutkan orang antusias? Insan yang antusias adalah orang yang terus berusaha di balik kesulitan. Ada harapan di balik kesulitan. Khususnya pada kaum muda, kata antusias sendiri harus menjadi habitusnya….”

(Sahat Sinaga-mantan Ketua Umum GAMKI & Sekretaris Jenderal Partai Damai Sejahtera)

“….Penulis layak saya sebut Pribadi di Atas Garis, pribadi di atas rata-rata. Terlebih kemampuannya menulis dan secara khusus buku yang satu ini, awalnya merupakan titik-titik yang dikumpul menjadi untaian kalimat yang memberi pencerahan….”

(Sabam Sopian Silaban-Trainer/Motivator, Penulis Buku Siswa di Atas Garis)

 

Iklan

4 Comments

  1. as ww, horas , salam sejahtera,
    penghargaan yg sebesr besrnya bagi saudara2ku halah batak n buat kita semua, terutama kawan2 pengelola esklopedi tokoh batak, semoga tetap eksis dan tetap bejuabg untuk halak batak n negara kita ini, namun kami harapkan kirannya dapat lebih banyak menggali keberadaan tokoh batak yang ada di daerah, kabupaten kota, propinsi dan nasional, karena sebsenarnya sangat banyak tokoh batak, yg berpengaruh di nisantara ini, baiak, toba, angkola, mandailing, karo, simalungin, papak dll, dan banyak memberikan kontribusi yg besar pada daerah maupun negara, baik yg islam, kristen, katolik budha, maupun hindu, parmalin dll. semoga kita bisa konsisten sebagai halak batak n peduli pada batak, opada dalaian natolu. bukan golongan, maraga, agama dll, horas horas horas, maju terus n sukses selalu ! amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s