Ludovikus Simanullang, Dr. OFM Cap.


Dr. Ludovikus Simanullang, OFMCap, pastor kelahiran Sogar, Barus,

Dr. Ludovikus Simanullang, OFMCap

Tapanuli Tengah, 23 April 1955 adalah Uskup Keuskupan Sibolga. Pengangkatannya secara resmi diumumkan Vatikan pada tanggal 14 Maret 2007 dan ditahbiskan pada Minggu, 20 Mei 2007.

Pusat Data Tokoh Indonesia dari Keuskupan Sibolga mencatat, sebagai pastor, Ludovikus Simanullang, OFM Cap. ditahbiskan Imamat pada bulan Juli 1983 dan memulai pengabdian di paroki Tarutung Bolak. Kemudian tahun 1988-1993 ia melanjutkan studi di Universitas Antonianum Roma. Setelah menyelesaikan studinya, ia kembali ke tanah air. Lalu tahun 1993-1997 ia menjabat Magister Postulan Mela sekaligus moderator Paroki Tarutung Bolak.

Kemudian terpilih menjadi Minister Provinsial di Propinsi Kapusin St. Fidelis (Sibolga) periode 1997-2003. Pada tahun 2006, terpilih lagi sebagai Minister Propinsial untuk ketiga kalinya. Selain itu, ia juga aktif sebagai formator para frater di STFT St. Yohanes Pematang Siantar.

Upacara penahbisannya sebagai Uskup Keuskupan Sibolga diselenggarakan pada hari Minggu, 20 Mei 2007 pukul 9.00 wib. Upacara itu dimulai dengan prosesi dari Katedral menuju tempat perayaan di lapangan Simaremare, Sibolga. Ia menerima tahbisan Episkopat dari Duta Besar Vatikan, Mgr. Leopoldo Girelli. (Sumber: Blasius S. Yesse Pr, Sekretaris Keuskupan Sibolga)

Acara Penahbisan

28 Uskup, 100 Pastor dan 8.000 Umat Katolik Hadiri Pentahbisan Uskup Mgr DR Ludovikus Simanullang OFMCap

Pentahbisan Uskup Keuskupan Sibolga Mgr DR Ludovikus Simanullang OFMCap olehDuta Vatikan di Indonesia Mgr Leopoldo Girelli dihadiri 28 Uskup se- Indonesia, 100 Pastor dan 8.000-an umat Katolik se- Keuskupan Sibolga, Minggu (20/5) di Lapangan Simare-mare Sibolga Jalan Sutomo Sibolga.

Pentahbisan ditandai pemakaian cincin, mitra (topi) dan tongkat kegembalaan dimana yang secara keseluruhan perayaan tersebut berlangsung aman dan lancar.

Ketua Panitia Perayaan Pastor R Daely OFMCap dalam laporannya mengatakan, seluruh umat Katolik di Keuskupan Sibolga sebanyak 210.000 jiwa tersebar di 7 kabupaten/kota yaitu Kota Sibolga, Tapteng, Kota Padang Sidempuan, Madina, Tapsel, Nias dan Nisel bergembira dan bersyukur atas pentahbisan ini karena sudah lebih 3 tahun Keuskupan Sibolga tidak memiliki Uskup.

Menurutnya, penghunjukkan Pastor Ludovicus menjadi Uskup Keuskupan Sibolga diumumkan tahta suci di Roma, Rabu (14/3) oleh Bapa Suci Sri Paus Benedictus XVI dan dilanjutkan ke Nuntius (Duta) Vatikan di Indonesia Mgr Leopoldo Girelli.

“Sejak Mgr DR Anesetus B Sinaga dihunjuk sebagai Uskup Koajutor Keuskupan Agung Medan bulan Februari 2004 lalu, Uskup di Keuskupan Sibolga menjadi lowong,” jelas dia seraya berharap kehadiran Uskup baru di Keuskupan Sibolga semakin menyadarkan existensi sebagai umat beriman untuk senantiasa bangkit dan bergerak demi habitus baru yang kita dambahkan bersama.

Walikota Sibolga Drs Sahat P Panggabean MM dalam sambutannya berharap, kerjasama Katolik dengan Pemerintah semakin berjalan baik untuk saling membantu dalam melaksanakan pembangunan.

“Peranan Katolik yang sangat besar dalam pembangunan di daerah ini adalah pendidikan dan pembangunan spritual,” katanya seraya menambahkan permasalahan rakyat yang sedang di hadapi saat ini seperti tekanan ekonomi, kekerasan dan pelanggaran hukum hingga perusakan lingkungan semakin rumit sehingga peranan Gereja sangat diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan tersebut.

Pada kesempatan tersebut Walikota Sibolga bersama unsur Muspida Plus Kota Sibolga di antaranya Ketua PN Sibolga Dj Pasaribu, Ketua DPRD Kota Sibolga Syahlul Situmeang dan Ketua TP PKK Sibolga Rumintang Uli Lumbantobing didampingi pimpinan instansi di lingkungan Pemko Sibolga dan sejumlah pejabat dari berbagai daerah di antaranya Wakil Bupati Nias Selatan Daniel Duha SH, mantan Bupati Simalungun Ir Jhon Hugo Silalahi, anggota DPD asal Sumut Parlindungan Purba mengalungkan bunga kepada para Uskup dan ulos kepada Uskup Mgr Ludovicus.

Sejumlah kebudayaan daerah di wilayah Keuskupan Sibolga juga ditampilkan pada perayaan tersebut di antaranya tarian dari Nias, Nias Selatan, Padang Sidempuan dan Pangaribuan dan upah-upah masing-masing dari etnis Nias, Batak dan Tionghoa.

Malam harinya usai perayaan, Walikota Sibolga menjamu makan malam bersama Duta Vatikan, para Uskup dan rohaniwan Katolik di Pendopo Rumah Dinas di Jalan Dr Ferdinan Lumbantobing Sibolga. (Sumber: SIB 21 Mei 2007) FOTO: http://frans.zai.web.id/wp-content/uploads/2007/10/mgr-ludovicus-simanullang.

Biodata:
Pastor. Dr. Ludovikus Simanullang, O.F.M. Cap.
Lahir:
Surabaya, 1 Oktober 1941
Agama:
Kristen
Jabatan:
– Uskup Keuskupan Sibolga
Pendidikan:
– Universitas Antonianum Roma, 1988-1993
Karir:
Pastor Imamat paroki Tarutung Bolak, 1983-1988
– Magister Postulan Mela sekaligus moderator Paroki Tarutung Bolak, 1993-1997
– Minister Provinsial di Propinsi Kapusin St. Fidelis (Sibolga) periode 1997-2003 dan 2006
– Formator para frater di STFT St. Yohanes Pematang Siantar
– Uskup Keuskupan Sibolga, sejak 20 Mei 2007

Alamat:
Keuskupan Sibolga
Jln. AIS Nasution No. 27, Sibolga 22513 Tlpn:0631-371761

Iklan

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s